Polisi Duga Kompol IZ Kurir Sabu Lama Berteman dengan Residivis Narkoba

Kadek Melda L - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 15:43 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Foto: Ilustrasi narkoba (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Oknum perwira polisi, Kompol IZ ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau karena menjadi kurir narkoba. Polisi menduga Kompol IZ sudah lama berteman dengan salah satu residivis narkoba inisial HW.

"Yang bersangkutan kami duga sudah lama berteman dengan tersangka HW, dan HW sendiri adalah residivis dan pemain lama narkoba," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Victor Siagian melalui pesan singkat, Jumat (30/10/2020).

Victor menuturkan polisi masih mendalami hasil penggeledahan yang sudah dilakukan. Dikatakan Victor, Kompol IZ nantinya akan disangkakan dengan pasal yang lebih berat dibandingkan tersangka lainnya, sebab yang bersangkutan merupakan aparat penegak hukum.

"Kita sudah periksa IZ dan geledah rumah IZ. Pasal yang dikenakan tentunya akan menjadi lebih berat sebagai konsekuensi yang bersangkutan adalah penegak hukum," tuturnya.

Kompol IZ ditangkap pada Jumat (23/10) lalu. Dia ditangkap bersama seseorang yang juga berperan sebagai kurir berinisial HW (51). Polisi menyebut HW terlibat jaringan narkoba internasional.

Dari kasus ini, ada 3 orang yang ditetapkan menjadi DPO, salah satunya HR. Selain HR, Victor mengatakan 2 DPO lainnya adalah orang yang juga memberikan sabu ke Kompol IZ dan HW.

Sebelumnya, tim penyidik telah melakukan pemeriksaan dan mendalami keterlibatan Kompol IZ dalam sindikat narkoba jaringan internasional. Selain Kompol IZ, penyidik juga memeriksa HW dan saksi-saksi.

"Masih kita dalami kembali keterlibatannya sudah berapa kali. Tentunya rangkaian pertanyaan keterkaitan yang bersangkutan dengan sindikat," kata Kombes Victor, Jumat (23/10).

"Kompol IZ, HW, dan saksi-saksi di lapangan akan kita periksa semua, tentunya DPO akan kita kejar terus, tim sudah kami kerahkan," tambahnya.

(zak/zak)