Sunnah Potong Kuku dan Memakai Wewangian di Hari Jum'at

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 14:11 WIB
Nail technician clipping customers nails at the nail salon
Foto: iStock
Jakarta -

Sunnah-sunnah di hari Jum'at jika dikerjakan akan mendapatkan banyak pahala. Salah satunya adalah dengan memotong kuku dan menggunakan wewangian.

Hari Jum'at memiliki banyak keistimewaan. Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan hari Jum'at. "Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Sunnah potong kuku di hari Jum'at dan menggunakan wewangian menjadi salah satu amalan membersihkan diri sebelum berangkat sholat Jum'at.

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at". (HR. Bukhari).

Karena itu, sesuai sunnah Rasul, kita harus membersihkan diri dengan mandi sunnah untuk niat menghadiri salat Jumat (bagi yang laki-laki). Selain itu memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut menjadi amalan baik sebelum melaksanakan salat Jumat.

Dikutip dalam buku "Shalat Jumat: Menggali dan Meraih Keutamaan dan Keberkahan di Hari Paling Istimewa" anggota tubuh yang dianjurkan untuk dirapihkan sebelum melaksanakan sholat Jum'at adalah kuku dan kumis.

Rasulullah SAW menganjurkan untuk melakukan dua hal tersebut sebelum sholat Jum'at agar perawatan kedua hal tersebut dapat terpenuhi secara teratur.

Rasulullah SAW bersabda:

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW, memotong kukunya dan mencukur kumisnya pada hari Jumat sebelum berangkat sholat." (HR. Al Baihaqi).

sunnah
sunnah potong kuku
sholat jumat
detik muslim
hikmah

(lus/erd)