Guru SMAN 58 Kampanye OSIS Seagama, Politikus PDIP DKI: Pecat Biar Jera

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 21:12 WIB
Ima Mahdiah Singgung Anies Soal Keadilan dan Retribusi PKL di Trotoar
Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Ima Mahdiah (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Guru di SMA Negeri 58 Jakarta berkampanye atau mengajak murid-muridnya untuk memilih ketua OSIS seagama. Pimpinan Fraksi PDIP DPRD DKI Ima Mahdiah mendorong agar sanksi pemecatan dijatuhkan kepada guru yang bersangkutan.

"Sekalian dipecat, jadi bikin efek jera yang lain," kata Wakil Ketua Fraksi PDIP DKI Ima Mahdiah kepada wartawan, Kamis (29/10/2020).

Ima mendengar Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah memberi teguran terhadap guru SMAN 58 berinisial TS itu. Namun menurutnya, teguran saja tidak cukup. Selain pemecatan, bisa juga sanksi yang lebih rendah namun berefek jera seperti pemindahan penugasan.

"Saya minta sanksi tidak hanya ditegur. Kalau ditegur, nanti semakin banyak yang berbuat seperti itu karena berpikir, 'Ah hanya berupa teguran.'," kata Ima.

Ima menegaskan Indonesia bukanlah negara agama, maka pendidik-pendidik generasi muda juga tidak boleh bersikap diskriminatif terhadap murid-muridnya. Menurutnya, itu adalah bentuk diskriminasi.

"Ini kan guru konteksnya, membahas mengenai Ketua OSIS, di mana-mana mau Ketua OSIS, mau gubernur, selagi punya kapasitas yang oke, kenapa nggak? Tapi di satu sisi malah bawa-bawa agama. Menurut saya ini tidak pantas," kata Ima.

Selanjutnya
Halaman
1 2