Lalin Lancar, Contraflow Km 47-65 Tol Jakarta Cikampek Disetop

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 15:41 WIB
Ruas Tol Jakarta-Cikampek lancar pada Kamis, 29 Oktober 2020 sore
Ruas Tol Jakarta-Cikampek lancar pada Kamis, 29 Oktober 2020 sore (dok. Istimewa)
Jakarta -

Jasa Marga melaporkan situasi arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta menuju Cikampek lancar saat libur cuti bersama. Sistem contraflow saat ini disetop.

"Hingga informasi ini diturunkan, terpantau di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Cikampek lancar," bunyi keterangan tertulis PT Jasa Marga, Kamis (29/10/2020).

Jasa Marga menyebut contraflow ditutup sejak pukul 14.15 WIB. Adapun jarak contraflow sebelumnya mulai dari Km 47 hingga 65.

"Maka sejak pukul 14.15 WIB, contraflow Km 47 sampai dengan Km 65 dihentikan," ujar Jasa Marga.

Jasa Marga kemudian mengimbau pengguna jalan tol memastikan kondisi kendaraan sebelum menempuh perjalanan. Jasa Marga juga mengingatkan pengguna jalan tol memastikan saldo uang elektronik (e-money) dan bahan bakar minyak (BBM) cukup untuk berkendara.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan," tutur Jasa Marga.

"Serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," imbuh Jasa Marga.

Sebelumnya, petugas melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Cikampek. Sejak pagi, arus lalu lintas di tol tersebut dari arah Jakarta menuju Cikampek mengalami kepadatan.

"Upaya yang dilakukan untuk mengurai kepadatan kita melaksanakan giat pengaturan cara bertindak buka-tutup juga penyisiran dari tim urai. Sementara kita ditugaskan di seputaran Kilometer 57 ini, bilamana nanti parkir rest area penuh kita tutup total namun kalo memang ke arah timur sudah padat kita bagi yang penting pada intinya semua kendaraan tetap mengalir," ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Karawang Ipda Ali Idrus ditemui saat melakukan penutupan rest area Km 57, siang tadi.

Idrus menjelaskan, selain melakukan sejumlah langkah di Km 57, rekayasa arus dilakukan di Km 50. Berdasarkan keputusan Korlantas, sistem contraflow juga sudah diberlakukan untuk mengurai kepadatan ini.

"Contraflow sudah dilakukan tadi pukul 09.45 WIB dari Kilometer 47 sampai Kilometer 61," katanya.

Di hari kedua libur panjang ini rupanya masih dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Diperkirakan kepadatan lalu lintas masih akan terus terjadi hingga libur akhir pekan.

"Untuk volume kendaraan di hari long weekend ini berbeda dengan hari biasa, ada peningkatan," ujar Idrus.

(aud/dkp)