AS Dukung Reformasi Ekonomi RI dan Pemberantasan Korupsi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 15:07 WIB
Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu AS, Mike Pompeo
Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu AS, Mike Pompeo (dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Mike Pompeo tiba di Indonesia hari ini. Dalam pertemuan bersama Menlu RI Retno Marsudi, Mike mendukung agenda reformasi ekonomi di Indonesia.

"Seperti yang saya katakan, setiap negara yang ingin menyejahterakan rakyatnya, sektor swasta membutuhkan insentif yang tepat sebelum kita bisa masuk. Agenda reformasi Indonesia sangat membantu dalam hal ini," kata Mike dalam telekonferensi virtual berbahasa Inggris kepada wartawan, Sabtu (29/10/2020).

Mike berharap Indonesia dapat terus mengambil langkah yang semakin meningkatkan transparansi serta pemberantasan korupsi.

"Kami berharap Anda akan terus mengambil langkah untuk menghalangi dan memberantas korupsi, meningkatkan transparansi," ujarnya.

Selain itu, Mike mengatakan bahwa negara sebesar Indonesia dan Amerika harus dapat lebih banyak melakukan kerja sama dan investasi, khususnya di sektor digital dan infrastruktur. Mike pun sedang mengusahakan hal tersebut.

"Kami setuju bahwa kedua negara dengan skala ekonomi sebesar negara kami, harus melakukan lebih banyak kerja sama bersama. Harus ada lebih banyak investasi di sini di Amerika Serikat, terutama energi digital dan sektor infrastruktur," kata Mike.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu mewujudkannya dalam beberapa minggu ini," sambungnya.

Seperti diketahui, Mike Pompeo tiba di Jakarta sebagai kunjungan penutup dari turnya ke empat negara di kawasan Asia. Dalam kunjungannya, Mike mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menlu Retno Marsudi.

"Selamat datang kembali di Jakarta. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menerima Anda kembali di Indonesia setelah kunjungan terakhir Anda dua tahun lalu," kata Retno," kata Retno dalam telekonferensi virtual tadi.

Usai menemui Retno, Mike kemudian bertemu dengan Presiden Jokowi. Pompeo bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.

Pompeo tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 11.00 WIB tadi. Jokowi dan Pompeo tampak mengenakan masker dan jas.

Jokowi mengajak Pompeo berkeliling ruangan di gedung utama Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya juga melambaikan tangan di beranda Istana Bogor.

(hel/aud)