Selain Keliling Jakarta-Bali, Rp 4 M Uang Nasabah Dipakai Eka Main Saham

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 12:51 WIB
Karyawati perusahaan asuransi di Kabupaten Bone, Sulsel, Eka Hayanti (32) ditangkap polisi usai menggelapkan uang nasabah bank Rp 4 miliar (dok. Istimewa).
Karyawati perusahaan asuransi di Kabupaten Bone, Sulsel, Eka Hayanti (32) ditangkap polisi usai menggelapkan uang nasabah bank Rp 4 miliar. (dok. Istimewa).
Bone -

Uang senilai Rp 4 miliar yang digelapkan Eka Hayanti (32), seorang karyawati perusahaan asuransi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), dari nasabahnya ternyata tidak hanya dipakai untuk liburan keliling Jakarta-Bali. Eka juga menggunakan uang itu untuk bermain saham.

"(Selain liburan Jakarta, Yogyakarta, Bali) dia bilang pakai main saham," ujar Kasat Reskrim Polres Bone AKP Ardy Yusuf saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (29/10/2020).

Eka menguasai rekening korban atas nama Hj Andi Warnawati Idris Galigo usai dipercayakan memegang rekening tersebut. Korban Andi Warnawati mempercayakan uang yang disetornya dari tahun 2013 hingga 2019 untuk ditabung oleh Eka, yang mengaku sebagai manajer bank.

Belakangan, Eka menawari korban untuk membuat rekening baru, sedangkan rekening yang lama dipegang oleh Eka dan dipakainya untuk berfoya-foya.

"Eka tawarkan lagi ATM kedua (kepada korban) dengan nomor cantik. Korban tidak minta, tapi tetap dibuatkan, terus ATM lama sama buku rekening diambil sama si Eka, begitu modusnya," imbuhnya.

Uang Rp 4 miliar itu diambil Eka beberapa kali. Dalam sehari, dia bisa menarik uang korban Rp 25 juta.

"Ditarik lewat ATM, biasanya Rp 25 juta dalam sehari," tuturnya.

Aksi Eka menggelapkan uang itu baru ketahuan saat korban mengecek saldo rekeningnya di bank tempat dia menabung. Ternyata, total uang Rp 4 miliar yang disetor secara bertahap kepada Eka hanya tersisa Rp 100 juta.

"Korban dia hitung-hitung sejak 2013 sampai 2019 angkanya segitu tabungannya, Rp 4 M. Misalnya ada uang Rp 50 juta, dia tabung, Rp 30 juta dia tabung," imbuhnya.

Kasus ini sudah dilimpahkan polisi ke kejaksaan dan akan dilanjutkan ke persidangan. Eka dijerat pasal penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Tonton video 'Karyawati Bank Gondol Uang Nasabah Rp 6 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)