ADVERTISEMENT

Bertemu Menlu AS, Jokowi Dorong Kerja Sama Pertahanan-Ekonomi Ditingkatkan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 12:48 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard Mike Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.
Menlu AS Mike Pompeo bertemu Presiden Jokowi. (Foto: dok. Setpres RI/Rusman)

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan rangkaian perjalanannya ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia pada 25-30 Oktober 2020.

Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China dalam mencari dukungan negara-negara di Asia, khususnya soal konflik Laut China Selatan, yang diklaim sebagai wilayah milik China. Klaim tersebut ditentang oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri AS, dijelaskan bahwa kunjungan Pompeo ke Indonesia untuk 'menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas terbuka'.

Kunjungan Pompeo ini dilakukan menyusul kunjungan Wakil Menteri Pertahanan AS dan delegasi US International Development Finance Corporation (DFC).

Sebelum bertemu Jokowi, Pompeo berkunjung ke Kementerian Luar Negeri untuk bertemu Retno Marsudi. Salah satu topik pembicaraan adalah situasi di Laut China Selatan. Retno mengatakan semua pihak harus mematuhi konvensi hukum laut.

"Kami membahas situasi di Laut China Selatan. Untuk Indonesia, Laut China Selatan harus tetap menjadi laut yang stabil dan damai," kata Retno dalam jumpa pers usai pertemuan dengan Mike Pompeo.


(dkp/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT