Cagub Sumbar Nasrul Abit Janji Bantu Petani Stabilkan Harga Gambir

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 12:23 WIB
Pilkada Sumbar
Foto: Istimewa
Jakarta -

Calon Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit terus berkomitmen untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumbar, salah satunya dengan menstabilkan harga gambir.

Salah satu tokoh masyarakat Taratak Sungai Lundang, Izul mengatakan harga gambir saat ini sering sekali turun naik. Oleh karena itu, ia meminta agar Nasrul dapat menstabilkan harga gambir.

"Sekarang harga masih turun naik pak. Tapi Alhamdulillah di atas Rp 20 ribu. Kami minta saat bapak menang harga bisa stabil," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Hal tersebut ia sampaikan saat Nasrul melakukan safari politik di beberapa titik di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rabu (28/10/2020). Merespons hal ini, Nasrul mengatakan akan memperjuangkan harga gambir sehingga petani gambir bisa hidup sejahtera.

"Kalau harga gambir ini tinggi tentu masyarakat sejahtera. Saya akan fokuskan ini untuk petani gambir. Saya akan duduk bersama eksportir gambir agar mereka tidak main harga," katanya.

Bupati Pessel dua periode ini menjelaskan India salah satu negara penampung gambir. Menurutnya, duduk bersama eksportir adalah solusi terbaik melihat harga gambir saat ini diatur secara internasional.

Ia yakin gambir masih bisa menjadi harapan hidup bagi masyarakat di Pessel dan juga sejumlah daerah lainnya di Sumbar.

"Harga gambir ini diatur internasional, dulu 80 persen digunakan untuk ban, sekarang hanya 20 persen saja sehingga gambir murah. Tapi tetap akan kami perjuangkan agar harga gambir tinggi," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, salah satu tokoh masyarakat Siguntuah Nurdin Imam Marajo juga meminta Nasrul untuk memperbaiki irigasi. Ia mengatakan selain bertani gambir, masyarakat setempat juga bersawah. Nurdin percaya dengan terpilihnya Nasrul maka pertanian akan semakin baik.

"Kita jangan lengah dan mesti bersatu untuk memenangkan pak Nasrul Abit. Ini kesempatan emas untuk memenangkan putra daerah kita," ajaknya.

Nurdin juga mengatakan antusias masyarakat Pessel untuk mendukung Nasrul Abit - Indra Catri (NA-IC) sangat tinggi. Bahkan, masyarakat Siguntur menggelar doa bersama di masjid setempat agar NA-IC dapat memenangkan Pilgub Sumbar.

"Kami sudah berdoa di masjid Pak, supayo bapak terpilih. Dukungan kami di sini sudah bulat. Insyaallah bapak akan menjadi Gubernur Sumbar," katanya.

Sebagaimana diketahui, Pessel merupakan daerah asal Nasrul, yang ia pastikan akan mendukungnya secara penuh di Pilgub Sumbar. Pasalnya, dari 8 kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur, Nasrul merupakan satu-satunya yang berasal dari Pessel.

(akn/ega)