ADVERTISEMENT

Round-Up

Yang Muda yang Berbakti: Mahasiswi Cium Kaki Orang Tua Usai Diwisuda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 22:41 WIB
Tangkapan layar video viral mahasiswi di Makassar cium kaki ortu usai prosesi wisuda (dok. Istimewa).
Foto: Tangkapan layar video viral mahasiswi di Makassar cium kaki ortu usai prosesi wisuda (dok. Istimewa).

Melihat ke belakang, momen anak berbakti kepada orang tuanya juga pernah diperlihatkan Raeni. Pada tahun 2014, lulusan terbaik Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan IPK 3,96 ini masih punya mimpi-mimpi yang lain yang ingin diraihnya. Dia ingin menjadi pengajar, walau kini sudah menjadi asisten dosen.

Setelah tamat dari SMKN 1 Kendal, sebagai anak tukang becak dia memiliki tekad kuat untuk berkuliah. Mendaftar ke universitas lain dia tidak diterima, hingga akhirnya dia melihat adanya beasiswa Bidikmisi di Unnes.

Raeni pun diterima dan berkuliah di kampus itu dengan beasiswa. Sang ayah Mugiyono yang menjadi tukang becak di Kendal sesekali membantu. Sehari-hari ayahnya mendapat penghasilan Rp 10-50 ribu, karenanya profesi sampingan sebagai penjaga malam dengan upah Rp 450 ribu/bulan dilakoni.

Raeni membayar kepercayaan ayahnya dengan belajar keras. Dia tak mau mengecewakan keluarganya yang menaruh harapan pada dirinya.

Baik di kampus maupun di lingkungan kos, Raeni memang dikenal cerdas dan disiplin. Ia berkali-kali menjuarai lomba dan memperoleh hadiah uang tunai yang kemudian ia berikan kepada orang tuanya, Mugiyono dan Sujamah.

Raeni, perempuan berprestasi dari Kendal, Rabu (7/3/2018).Raeni saat diantarkan ayahnya naik becak di momen wisuda. (Foto: Dok Unnes)

Dara kelahiran 13 Januari 1993 itu juga sangat aktif di kampus antara lain dengan menjadi Tenaga Laboratorium Asistenship Pendidikan Akuntansi FE Unnes dan Tenaga Laboratorium Asistenship Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes. Nilai 3,96 dalam IPK-nya pun sering ia raih selama menempuh pendidikan di Unnes.

Berkat perjuangan orang tuanya, Raeni berkesempatan berkuliah S3 di Universitas Birmingham, Inggris.


(dkp/dkp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT