Kisah Sahabat Rasulullah untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 18:52 WIB
ilustrasi nabi muhammad
Foto: iStock/Kisah Sahabat Rasulullah untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad
Jakarta -

Selama hidup Rasulullah, beliau dikelilingi oleh sahabat-sahabatnya yang luar biasa. Para sahabat bahkan rela membela Nabi Muhammad SAW ketika semua orang berbuat jahat kepada Rasulullah.

Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal atau 29 Oktober besok, ada baiknya sahabat Hikmah mengetahui perjuangan Rasulullah dan sahabatnya, salah satunya Umar bin Al-Khathtab.

Berikut kisah sahabat Rasulullah yang mengagumkan:

Umar bin Al-Khathtab merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad yang mendapat hidayah dari Allah SWT berkat doa Rasulullah. Kala itu, Rasulullah pernah berdoa untuk memuliakan Islam dengan salah satu orang terhormat suku Quraisy.

"Ya Allah, muliakan lah Islam dengan salah seorang dari dua orang yang lebih Engkau cintai: dengan Abu Jahal atau dengan Umar bin Al-Khathtab," ucap Nabi Muhammad.

Allah SWT pun menjawab doa tersebut dengan memilih Umar bin Al-Khathtab untuk masuk Islam. Umar diketahui sebagai orang Quraisy yang terhormat dan berani sehingga sering menjadi perwakilan untuk membela kepentingan suku Quraisy.

Masuknya Umar menjadi seorang Muslim pun menjadi peristiwa yang besar. Ia berani melawan orang-orang Quraisy sehingga ia bisa sholat di sisi Kakbah. Sejak itu, orang Muslim lainnya juga bisa sholat di sisi Kakbah.

Selain itu, kehebatan Umar bin Khathtab dalam membela Islam juga terlihat ketika banyak orang secara diam-diam memeluk Islam. Tetapi Umar justru menunjukkan secara terang-terangan ke hadapan para pemimpin suku Quraisy.

Ia juga tawaf di Kakbah tujuh putaran, sholat dua rakaat, dan menghampiri para pemimpin Quraisy dan menunjukkan keislamannya. Umar mendapat keistimewaan khusus dari Allah, yakni dapat berpikir secara cerdas, cermat dan tajam.

Walaupun dikenal sebagai seseorang yang tegas, Umar bin Khathtab sebenarnya memiliki sifat yang sangat baik hati. Sahabat Rasulullah ini tegas karena ingin menegakkan agama Allah dan menentang kemungkaran yang dilakukan orang-orang jahiliah.

Selanjutnya
Halaman
1 2