Sumpah Pemuda 2020, Anies: Sulit Ada Persatuan dalam Ketimpangan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:19 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Sumpah Pemuda 2020. Anies berbicara soal bangkit di masa pandemi hingga soal keadilan.

"Tahun ini, tema diusung adalah Bersatu dan Bangkit, artinya di masa pandemi kita sedang mengalami tantangan yang besar. Dan salah satu kunci merawat dan menguatkan persatuan adalah menghadirkan rasa keadilan," kata Anies dalam video yang diunggah oleh akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Menurut Anies, tak mungkin ada persatuan jika masih ada ketimpangan. Untuk itu, perlu diciptakan keadilan di masyarakat.

"Sulit ada persatuan dalam ketimpangan. Persatuan dibangun dalam hadirnya rasa keadilan," kata Anies.

Anies meminta seluruh masyarakat saling tolong-menolong. Dia mengajak semua pihak menghadirkan kesetaraan.

"Ini masa tantangan, mari tunjukkan solidaritas saling tolong-menolong, saling menopang, gotong royong didorong untuk kita bisa bersama-sama membangkitkan perasaan keadilan, menghadirkan kepada semua persamaan kesetaraan," katanya.

Anies menekankan mengenai pentingnya persatuan bagi kemajuan bangsa. Dia yakin bangsa Indonesia bisa melewati masa pandemi ini dengan baik.

"Insyaallah dengan itu, maka persatuan Indonesia semakin kuat dan makin solid untuk lewati masa pandemi ini dan menjadi bangsa yang lebih kuat, bangsa yang lebih kokoh. Selamat Hari Sumpah Pemuda," katanya.

(aik/knv)