Siswa SMP Jakbar Tak Bisa Ikut UTS Gegara Tak Punya HP, Ini Respons Wagub DKI

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 20:28 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengecek Depo MRT Lebak Bulus (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengecek Depo MRT Lebak Bulus (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Seorang siswa SMP 286 Jakarta, Aditya Akbar tak bisa mengikuti UTS pembelajaran jarak jauh (PJJ) lantaran tidak memiliki HP. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya meminta kepada Dinas Pendidikan DKI untuk mencari solusi.

"Ya itu nanti kita minta supaya dinas pendidikan mencarikan solusi," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2020).

Riza mengatakan, semua warga negara harus mendapat pendidikan yang layak. Menurutnya, hal itu sesuai dengan UUD 1945.

"Prinsipnya semua warga negara di Jakarta khususnya, harus mendapatkan pendidikan yang baik, yang layak yang benar tugas kita mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan pembukaan UUD 45, kemudian berbagai fasilitas yang menjadi kewajiban pemerintah, tentu pemerintah harus mencarikan solusinya. Jadi kami pastikan semua siswa harus dapat mengikuti ujian, apapun masalahnya kami carikan solusinya," katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memberikan satu unit HP kepada Aditya. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan HP tersebut sudah diberikan secara langsung oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 286, Suyanta. HP tersebut diserahkan hari ini.

"Sudah diberikan langsung oleh kepsek hari ini. Semoga bisa dimanfaatkan," ujar Nahdiana melalui keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).

(man/isa)