Viral Kakek di Sulbar Ditandu 12 Km ke Puskesmas Gegara Jalan Rusak

Abdy Febriady - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:31 WIB
Viral kakek di Sulbar ditandu 12 km untuk bisa dirawat di puskesmas (dok Istimewa)
Viral kakek di Sulbar ditandu 12 km untuk bisa dirawat di puskesmas (Foto: Istimewa)
Polewali Mandar -

Seorang pria lanjut usia bernama Tola (75), warga Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), terpaksa ditandu sejauh 12 kilometer untuk jalani perawatan di Puskesmas Bulo. Kondisi ini terjadi lantaran akses jalan menuju kampung halamannya belum terjangkau kendaraan roda empat.

Sudah beberapa hari, kakek Tola, diketahui menderita sakit di rumahnya, dan harus segera mendapat perawatan medis.

Perjalanan Tola menuju puskesmas menggunakan tandu yang diangkat warga terekam kamera dan kini beredar luas di media sosial.

Dalam beberapa potongan video pendek, tampak puluhan warga, baik yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua, mengiringi perjalanan Tola, yang ditandu menggunakan kain sarung, menuju puskesmas.

Viral kakek di Sulbar ditandu 12 km untuk bisa dirawat di puskesmas (dok Istimewa)Warga berharap ada perbaikan jalan. (Foto: Istimewa)

Akses jalan yang warga lalui, tampak melewati kawasan pegunungan, dengan kondisi yang cukup parah.

"Akses jalan menuju ke sana sangat tidak bagus, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua," kata salah seorang keluarga, Ilham, kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Menurut Ilham, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membawa Tola menggunakan tandu hingga sampai ke puskesmas. "Dua jam lebih kita tandu dari kampung sampai ke Puskesmas Bulo," ungkapnya.

Ilham dan warga lainnya meminta pemerintah memberikan perhatian, agar akses jalan menuju desa mereka bisa segera diperbaiki.

"Kami selaku warga Desa Lenggo sangat berharap, pemerintah memperhatikan desa kami, terutama akses jalan menuju ke sana perlu dikembangkan. Kami mohon kepada pemerintah, lihat perjuangan kami sebagai warga dan pelajar, tolong bantu kami," harapnya.

(jbr/jbr)