Pengacara Rahayu Saraswati Telusuri Identitas Pengunggah Foto Hamil

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:38 WIB
Calon Wakil Wali Kota Tangsel Rahayu Saraswati Djojohadikusumo
Foto: Rahayu Saraswati (dok. ist).
Jakarta -

Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Rahayu Saraswati Djojohadikusumo akan menempuh jalur hukum terkait serangan lewat foto maternity atau kehamilan yang memperlihatkan perutnya yang membesar. Tim pengacara Rahayu Saraswati saat ini sedang menelusuri identitas pengunggah konten tersebut.

"Kami memang sedang menelusuri identitas asli dari pemilik akun, namun perlu diketahui untuk laporan di kepolisian itu pertama cukup identitas dari akunnya karena jejak digitalnya kan di kepolisian memiliki forensik dan bisa menelusuri ke mana," kata Ketua Tim Advokasi Hukum Muhamad-Saraswati, Maulana Bungaran, dalam konferensi pers di Restoran Anggrek Jalan Raya Victor, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (27/10/2020).

Maulana menyatakan pencarian pemilik akun Facebook Bang Djoel yang mengunggah konten pelecehan dengan narasi 'coblos udelnya' itu akan memudahkan kerja kepolisian. Terkait kapan hendak melapor, Maulana masih menunggu jadwal dari Rahayu Saraswati.

"Kami kuasa hukum pada prinsipnya sedang melakukan persiapan-persiapan, kami siap kapan saja pada saat Mbak Sara bisa. Begini, ini kan delik aduan ya, karena ada unsur pelecehan ke Mbak Sara dan unsur permasalahan penghinaan atau pencemaran nama baik dugaannya karena dia delik aduan makanya harus Mbak Sara sendiri pelapornya. Kalau kami siap pas Mbak Sara bisa, kami siap mendampingi beliau," ujar Maulana.

Pada waktu bersamaan, Sara mengaku masih mencari waktu untuk datang ke kantor kepolisian. Ponakan Ketum Gerindra Prabowo Subianto itu hanya mengatakan akan melapor secepatnya.

"Tindak lanjutnya bahwa kami memang sedang mematangkan persiapan dan berkas-berkas kami. Itulah makanya kami lakukan konferensi pers pada siang ini untuk menjelaskan segamblang-gamblangnya. Kalau pertanyaan kapan memang untuk saat ini saya sudah ada jadwal Pilkada yang sangat padat, tapi kami secepatnya pada saat memang jadwal memungkinkan kami akan melaporkan ke kepolisian untuk menindaklanjuti dan melakukan penindakan," jelas Sara.

Sebelumnya, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menerima serangan yang menggunakan foto kehamilannya. Gerindra mendukung keponakan Prabowo Subianto untuk tempuh jalur hukum.

"Kami mendukung jika kali ini Mbak Sara akan menempuh jalur hukum," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, kepada wartawan, Sabtu (25/10/2020).

Habiburokhman mengatakan serangan itu tidak bermoral dan merendahkan seorang ibu. Dia khawatir serangan ini merupakan lanjutan dari serangan sebelumnya yang juga terjadi kepada Rahayu.

"Serangan tersebut sungguh tidak bermoral dan merendahkan kaum Ibu. Kami khawatir ini merupakan sekuel dari serangan sebelumnya, dimana ada narasi pelecehan terhadap beliau," ujarnya.

(gbr/gbr)