Ini Alasan di Balik Misi RI Mulai Cari 'Alien'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 14:17 WIB
Tampilan alien dalam film E.T.: The Extra-Terrestrial.
Tampilan alien dalam film 'ET' (Photograph: Allstar/Cinetext/Universal)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) telah membangun fasilitas Observatorium Nasional di NTT. Salah satu arahnya nanti ialah mencari tahu kehidupan lain di luar bumi atau kehidupan alien. Mengapa LAPAN melakukan ini?

"Hampir semua pengamatan dan riset astronomi bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan. Misalnya, selama ini LAPAN banyak melakukan penelitian tentang cuaca antariksa supaya kita pahami kondisi di sekitar satelit kita. Untuk cegah kerusakan pada aset mahal tersebut, kita perlu pantau kondisi antariksa," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, tujuan LAPAN melakukan hal ini adalah meneliti asteroid. Dengan penelitian ini, penduduk bumi bisa mewaspadai ancaman tabrakan asteroid.

"LAPAN ke depan akan lakukan pengamatan dan penelitian asteroid. Tujuannya adalah untuk melindungi penduduk bumi dari ancaman tabrakan asteroid/komet," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa riset dan pengamatan ini juga bisa menjadi harapan dalam pengembangan teknologi. Meskipun tidak ada manfaat langsung.

"Di balik dari pengamatan dan riset yang dilakukan, ada harapan bahwa akan ada pengembangan teknologi baru. Pengamatan buruh kamera hypersensitive yang bisa juga bermanfaat untuk urusan medis hingga konservasi. Dan lain sebagainya. Meski tidak ada manfaat langsung, ada banyak spin off atau manfaat tak langsung yang bisa diperoleh," tuturnya.

"Tentu daya saing bangsa bisa meningkat dengan riset-riset mutakhir seperti itu," lanjutnya.

Simak video 'Kepala LAPAN Bicara UFO dan Mahluk Cerdas di Luar Bumi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2