Tabrak Tunggul, Kapal Pengangkut Sembako Nyaris Tenggelam di Sungai Musi

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 13:36 WIB
Kapal tenggelam di Sungai Musi (dok. Istimewa)
Kapal tenggelam di Sungai Musi (dok. Istimewa)
Palembang -

Kapal pengangkut sembako nyaris tenggelam di perairan Sungai Musi, Sumatera Selatan (Sumsel). Kapal motor Kurnia itu mengalami kebocoran akibat menabrak tunggul.

"Benar telah terjadi laka air tunggal 1 unit kapal motor merek Kurnia dengan muatan sembako. Kecelakaan di perairan Sungai Musi," ujar Direktur Polairud Polda Sumsel, Kombes YS Widodo, kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Peristiwa itu terjadi di wilayah Mariana, Banyuasin, dini hari tadi. Kapal tersebut melintas dari Kota Palembang menuju Banyuasin.

"Kapal dinakhodai Komarudin, jumlah ABK dua orang bermuatan sembako. Kapal itu berlayar dari Palembang menuju Jalur 6 Air Saleh," kata Widodo.

Saat melintas di Mariana, kapal mengalami kebocoran di bagian belakang sebelah kanan. Kebocoran itu diduga akibat tunggul yang ditabrak kapal.

Melihat kapal bocor, nakhoda meminta bantuan masyarakat sekitar. Kapal yang sudah 90 persen tenggelam akhirnya ditarik dan disandarkan di pinggir sungai.

"Bersandar itu untuk melakukan evakuasi, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya kerugian kapal dan sembako saja," ujar Widodo.

(ras/haf)