Terlibat Pesta Narkoba, Oknum Polisi di Bone Positif Pakai Sabu

Zulkipli Natsir - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 13:21 WIB
Barang bukti sabu/ Farhan detikcom
Foto: Barang bukti sabu (Farhan/detikcom)
Bone -

Kasus oknum polisi yang diamankan karena diduga pesta sabu, NN masih dalam tahap proses penyelidikan oleh Unit Propam Polres Bone, Sulawesi Selatan. Polisi menyatakan ada temuan hasil tes urine positif dari pemeriksaan sementara.

"Anggota Propam bersama Satuan Narkoba melakukan test urine ke oknum ini, hasilnya ditemukan positif. Namun untuk selanjutnya Unit Propam masih terus mendalami kasus ini," ungkap Paur Humas Polres Bone, Ipda Rayendra saat ditemui di Mako Polres Bone, Selasa (27/10/20).

Rayendra menyampaikan kronologi kasus ini, di mana awalnya Propam menerima video oknum polisi NN sedang pesta narkoba. NN yang saat itu sedang melaksanakan tugas piket, dipanggil dan langsung diperiksa.

"Pada awalnya, sabtu malam (24/10) Propam mendapat informasi dan video, yang mana video tersebut terdapat oknum sedang melakukan pesta narkoba. Setelah itu, oknum aggota yang kemudian melaksanakan tugas piket, dipanggil ke ruang Propam untuk diambil keterangannya," terang Rayendra.

"Lalu karena besar dugaan, maka esok harinya di lakukan tes urine dan setelah keluar hasilnya positif, maka pada minggu malam (25/10), anggota Propam meminta agar oknum ini menunjukkan rumahnya untuk dilakukan pencarian barang bukti berupa narkoba. Namun tidak ditemukan barang bukti di 2 tempat rumah oknum tersebut," imbuh Rayendra.

Reyandra menerangkan karena tak terbukti menguasai narkoba, maka polisi NN akan dihadapkan dengan sidang kode etik. Namun seandainya bukti narkoba itu ditemukan, polisi NN bisa diseret ke ranah pidana umum.

"Tidak ada barang bukti ditemukan. Seandainya ada barang bukti, maka bisa langsung diarahkan untuk proses pidananya. Namun, pada prosesnya kemudian akan ditunggu sidang kode etik untuk sanksinya," terang Rayendra kepada detikcom.

Pihak Kepolisian pun menyebut jika oknum NN ini masih dalam proses pengawasan Unit Propam. "Ada di kantor sekarang tapi tidak disel. Hanya dilakukan pengawasan," ungkap Rayendra kemudian.

Seperti diberitakan sebelumnya, oknum anggota Sabhara Polres Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) Bripda NN ditangkap Propam usai diduga terlibat pesta sabu bersama rekan-rekannya warga sipil. Penangkapan NN setelah ada video beredar dimana NN ada di sebuah acara pesta sabu.

"Betul ada anggota yang diamankan, kasus ini masih dalam proses pemeriksaan Unit Propam," ujar Rayendra ditemui di Polres Bone, Senin (26/10).

(aud/aud)