Debat Pilwalkot Makassar, Danny Pomanto Klaim Kuasai Tema

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 12:16 WIB
Wali KOta Makassar, Sulawesi Selatan, Ramdhan Pomanto
Danny Pomanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Makassar -

Debat pertama Pilwakot Makassar yang diselenggarakan oleh KPU bertemakan sosial budaya, pendidikan, keamanan dan transportasi. Calon Wali Kota (Cawalkot) Makassar, Ramdhan 'Danny' Pomanto pun mengaku menguasai tema debat kali ini.

"Kebetulan tema-tema kita sudah kita laksanakan selama lima tahun dan keuntungannya ada di situ," kata Danny Pomanto kepada detikcom, Selasa (27/10/2020).

Danny mengatakan, telah mengerjakan isu-isu yang menjadi debat pertama ini saat menjabat Wali Kota Makassar. Misalnya, sosial budaya, Denny mengatakan lewat program festival kebudayaan F8, tema itu telah sukses dijalankannya.

"Branding Makassar termasuk makanan, karena gastronomi kita warisan budaya terbaik adalah makanan. Tidak ada makanan yang tidak delicious, mau olahan ikan, daging, semua aneka ini warisan paling tinggi yang paling berkualitas," sebutnya.

Terkait soal transportasi dan kemacetan, Danny mengaku melanjutkan program Pete-pete Smart yang telah dia gagas sebelumnya. Yang berbeda, saat ini dia mengaku telah mengantongi izin pembangunan infrastruktur Pete-pete Smart, termasuk penggunaan bahan bakar listrik.

"Juga akan membangun Inner Ringroad keliling (Makassar) hingga ke pantai (Losari)," kata Danny.

Selanjutnya pada isu keamanan dan toleransi, Danny mengatakan akan berfokus pada mitigasi sosia di mana semua tokoh masyarakat berperan untuk mencegah terjadinya riak sosial yang akan terjadi.

"Kita berdayakan sehingga deteksi dini akan mampu kita antisipasi. Intinya kita bukan super hero tapi punya konsep yang jelas," tegasnya.

Debat Paslon Pilwakot Makassar berdasarkan jadwal KPU Kota Makassar akan berlangsung di awal November mendatang. KPU Kota Makassar akan menggelar debat pertama di Jakarta dengan alasan penghematan anggaran, keamanan dan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19.

(tfq/mae)