SIDAK 26 Oktober: 3 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 22:03 WIB
Viral foto Komodo vs truk
Viral foto komodo vs truk (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pembangunan Jurassic Park di Pulau Komodo menuai kritik setelah foto seekor komodo berhadapan dengan truk viral di media sosial. Selain itu, dokter gajah dari India yang telah merawat 10.000 gajah juga ramai dibicarakan.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'TWICE-I CAN'T STOP ME BIKIN KECANDUAN PARAH! SIDAK!: 26/10/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 3 berita populer hari ini:

1. Rencana Pemerintah Tentang Pulau Komodo

Pemerintah sedang membangun Jurassic Park di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembangunan itu menjadi sorotan lantaran sebuah foto yang memperlihatkan komodo berhadapan dengan truk.

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) memastikan pembangunan di Loh Buaya, Pulau Rinca, yang masuk kawasan Taman Nasional Komodo, dilakukan dengan sangat hati-hati. Keamanan dari satwa komodo dipertimbangkan.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina mengatakan pemerintah sangat peduli terkait pelaksanaan pembangunan di zona pemanfaatan Loh Buaya, Pulau Rinca.

"Pembangunan di Loh Buaya dilakukan dengan sangat hati-hati. Setiap pagi dilakukan briefing terkait keamanan dan keselamatan baik untuk para pekerja, dan juga yang paling penting adalah keamanan satwa yang ada di Loh Buaya, agar jangan sampai ada satwa terganggu, sangat hati-hati dengan api," kata Shana saat dihubungi, Senin (26/10/2020), seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT meminta Otorita Pulau Komodo menyusun strategi agar komodo menjauh dari lokasi pembangunan.

"Pulau Rinca itu kan diarahkan untuk mess tourism ya, sedangkan Pulau Komodo itu kita arahkan untuk pulau konservasi," kata Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT Marius Jelamu saat dihubungi, Senin (26/10/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2