Jelang Libur Panjang, Anies Minta Warga Jakarta di Rumah Saja

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 16:37 WIB
Anies Baswedan saat meninjau Grand Theater Senen yang terbakar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda Nufus/detikcom).
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga Jakarta untuk berada di rumah saja saat libur panjang nanti. Dia meminta warga mewaspadai penularan Corona (COVID-19).

"Selama libur panjang anjuran kami adalah di rumah saja, kalau pun berpergian disiplin protokol kesehatan," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (26/10/2020).

Menurut Anies, hal itu bertujuan mencegah meningkatnya angka positif virus Corona di Jakarta pascalibur panjang tersebut berlangsung. Dia menyebut kerap kali angka penyebaran virus Corona naik usai warga memanfaatkan momen libur panjang.

Anies pun mengimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Penggunaan masker, sambung Anies, harus tetap dilakukan di manapun masyarakat berada.

"Saya ingatkan gunakan masker sebagai tanda menghormati orang lain, gunakan masker untuk menghindari penularan. Kalau tidak pakai masker kita tidak menghormati orang lain," ujar Anies.

Selain mengimbau warga Jakarta untuk di rumah saja, Pemprov DKI juga meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta diimbau untuk tetap di rumah selama libur panjang pekan ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Permintaan itu tertuang dalam Surat Edaran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Nomor 50/SE/2020. SE tersebut ditandatangani oleh Kepala BKD DKI Jakarta, Chaidir.

"Dalam mengisi cuti bersama dan libur akhir pekan ini, sedapat mungkin menghindari perjalanan ke luar kota dan tetap berkumpul bersama keluarga, serta melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing," tulis SK tersebut seperti dilihat detikcom, Senin (26/10).

Pemprov DKI Jakarta meminta apabila ASN tetap harus pergi ke luar kota saat libur panjang, agar melakukan tes PCR. Tes tersebut harus dilakukan baik sebelum berangkat ataupun pulang dari luar kota.

Sebelumnya pemerintah menetapkan Rabu (28/10) dan Jumat (30/10) sebagai libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 2020. Sementara Kamis (29/10) hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW 2020.

(jbr/jbr)