Polda Sulsel Jamin Pilwalkot Makassar Berjalan Aman

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 15:22 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Makassar -

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan jaminan keamanan pelaksanaan Pilwakot Makasar dan daerah lain yang melaksanakan Pilkada 2020. Personel polisi saat ini pun telah diturunkan untuk mengamankan gelaran Pilkada.

"InsyaAllah akan berjalan lancar, itu harapan kita semua. Semua sudah diantisipasi dari segala fungsi sudah diturunkan," kata Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Johni Triharto saat berbincang dengan detikcom, Senin (26/10/2020).

Johni mengatakan, keamanan di Sulsel, khususnya di Makassar relatif aman saat ini. Dia pun meminta masyarakat untuk ikut berperan aktif menciptakan suasana yang kondusif hingga pencoblosan pada Desember 2020 mendatang.

"Alhamdulillah sekarang situasi masih kondusif terutama di wilayah-wilayah juga," ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta bantuan dari para tokoh masyarakat dan agama untuk menjaga suasana tetap aman. Sebab, menurut Johni, keamanan saat Pilkada merupakan tanggung jawab semua masyarakat.

"Keamanan bukan hanya milik Polri dengan TNI, tetapi juga masyarakat yang ada khususnya menjelang Pilkada. Mari kita sama sama menjaga, termasuk tokoh masyarakat, dan pemuda mari kira sama-sama," ujarnya.

"Justru kuncinya (keamanan) ada di masyarakat. Walau sudah bekerja sangat maksimal, kalau masyarakat tidak mendukung repot juga," imbuh Johni.

(tfq/mae)