Agar Libur Panjang di Puncak Bogor Tak Ramai, Satpol PP Bakal Patroli Malam

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 15:14 WIB
Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridallah.
Foto: Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridallah (Sachril Agustin Berutu/detikcom).
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tak ingin ada klaster baru virus Corona (COVID-19) Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat saat libur panjang. Maka, mereka akan mengerahkan Satpol PP untuk patroli malam di Kawasan Puncak.

"Dan yang ketiga itu ada patroli malam, kaitan tempat wisata dan jam operasional. Sementara ini kan (batas operasional) masih jam 20.00 WIB ya. Kita kegiatan jam operasional bagi pelaku usaha seperti minimarket, kemudian juga restoran, rumah makan, seperti itu," kata Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridallah, di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (26/10/2020).

Patroli malam ini akan dilakukan dari Simpang Gadog sampai Puncak Pass mulai Rabu (28/10) nanti. Dengan adanya kebijakan ini, Pemkab Bogor berharap Kawasan Puncak tidak akan terlalu ramai oleh pengunjung.

"Ya prinsipnya kan begini, sebetulnya yang paling utama supaya tidak terlalu banyak datang, mencegah orang terlalu banyak datang ke wilayah Puncak. Makanya kita sudah warning dari sekarang kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya, untuk tidak dulu datang ke wilayah Puncak. Kan yang kita khawatirkan jadi klaster baru di sana," jelas Agus.

Dia mengatakan razia masker juga akan dilakukan di Simpang Gadog saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, lanjutnya, pengawasan di tempat makan, restoran, atau kafe juga akan dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan di kawasan Puncak.

"Siang harinya kita ada, yang disebut pengawasan terhadap objek-objek wisata baik itu restoran, kafe, yang memang diperkirakan akan terjadi peningkatan volume dari kunjungan yang akan makan, atau yang akan berkunjung ke tempat wisata," ungkapnya.

(aik/aik)