Jokowi Minta Distribusi-Sasaran Vaksinasi Corona Dipersiapkan Detail

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 14:45 WIB
Presiden Jokowi buka-bukaan soal UU Cipta Kerja.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal proses pelaksanaan vaksinasi virus Corona (COVID-19). Jokowi meminta jalur distribusi hingga rencana waktu vaksinasi dipersiapkan dengan detail.

"Mengenai pelaksanaan vaksinasi, saya minta time line diselesaikan secara memperhatikan ketersediaan sarana-prasarana dan infrastruktur pendukung, jalur distribusi, dan internal-interval pemberian vaksin yang akan digunakan per wilayah, daerah ini kapan, saya minta detail," kata Jokowi dalam dalam rapat terbatas rencana pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara virtual, Senin (26/10/2020).

Jokowi juga menyinggung soal sasaran penerima vaksin, baik penerima vaksin gratis maupun vaksin mandiri. Hal itu, menurutnya, juga perlu direncanakan dengan detail.

"Daerah ini kapan, siapa yang dapat, siapa yang gratis, siapa yang bayar, semuanya harus direncanakan, dipersiapkan dengan detail," ujar Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta ada simulasi sebelum proses vaksinasi benar-benar dilaksanakan. Simulasi dilakukan oleh tenaga kesehatan maupun para relawan yang terlibat.

"Lakukan latihan dan simulasi, baik oleh tenaga kesehatan maupun tenaga keamanan yang nanti atau relawan yang dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi," tuturnya.

Simak video 'Uji Vaksin AstraZeneca Berpolemik, RI Jadi Beli?':

[Gambas:Video 20detik]



(azr/hri)