Kurangi Kunjungan ke Puncak Saat Libur Panjang, Wisatawan Akan Dites Rapid

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 13:31 WIB
Wabup Bogor Iwan Setiawan di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (26/11/2020).
Wabup Bogor Iwan Setiawan. (Sachril/detikcom)
Cibinong -

Ada libur panjang pada akhir Oktober 2020. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun akan melakukan langkah-langkah untuk mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Terkait masalah kesiapan long weekend, kita sudah rapat hari ini dan menyepakati, yang pertama kita dari pihak kepolisian akan mengadakan apel kesiapan pada hari Rabu dan bagaimana mengurangi kedatangan kunjungan wisata dengan melakukan, pertama, akan dilakukan rapid test di 3 lokasi," ujar Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (26/10/2020).

Rapid test akan dilakukan di tiga titik, yakni di Gadog, Taman Wisata Matahari, dan Gunung Mas. Menurutnya, rapid test akan mulai dilakukan pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Iwan juga mengingatkan seluruh wisatawan yang nantinya diizinkan liburan di Puncak selalu mematuhi protokol kesehatan. Dia juga memastikan pihak Gugus Tugas COVID-19 setempat akan melakukan pengawasan.

"Jadi jangan sampai hanya di luar, tapi di dalam juga. Biasanya hotel, vila yang milik pribadi, itu protap (COVID-19 harus) dilaksanakan. Kami akan ada operasi, operasi untuk pengawasan, edukasi terkait 3 M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan)," tegas Iwan.

Seperti diketahui, pada pekan ini, ada libur panjang. Pada 28 Oktober dan 30 Oktober 2020 cuti bersama, sementara 29 Oktober 2020 libur Maulid Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya libur akhir pekan Sabtu dan Minggu.

(zak/zak)