Reza Eksekutor Hakim Jamaluddin Juga Ajukan Kasasi Vonis Mati

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 11:40 WIB
3 terdakwa kasus pembunuhan Hakim Jamaluddin pakai APD.
Tiga pelaku pembunuhan hakim Jamaluddin saat proses persidangan di PN Medan. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Eksekutor lain di kasus pembunuhan hakim PN Medan Jamaluddin, Reza Fahlevi, turut mengajukan kasasi terhadap vonis mati yang didapatnya saat proses banding. Dua pelaku lainnya, Zuraida Hanum dan Jefri Pratama, sudah mengajukan kasasi lebih dulu.

Dilihat detikcom dari situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Medan, Senin (26/10/2020), Reza telah mengajukan permohonan kasasi pada Rabu (21/10).

"Tanggal permohonan kasasi, 21 Oktober 2020," demikian tertulis di situs SIPP PN Medan.

Reza awalnya divonis 20 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Medan. Vonis itu kemudian diubah oleh majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan pada tingkat banding.

Majelis hakim PT Medan menilai perbuatan Reza, Jefri, dan Zuraida sadis. Hukuman Reza pun berubah dari 20 tahun penjara menjadi pidana mati.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa M Reza Fahlevi oleh karena itu dengan pidana mati," demikian bunyi putusan majelis banding yang dilansir website Mahkamah Agung (MA), Senin (21/9).

Putusan itu diketuk oleh hakim tinggi Ronius dengan anggota Purwono Edi Santoso dan Krosbin Lumban Gaol. Ketiganya menilai perbuatan Reza dan Jefri Pratama sangatlah biadab dan terencana menghabisi nyawa hakim Jamaluddin.

Sebelumnya, Zuraida menjadi pelaku pertama yang menyatakan akan mengajukan kasasi. Jefri kemudian menyusul mengajukan kasasi.

"Sudah jelas kasasi kita," kata pengacara Zuraida Hanum, Onan Purba, saat dimintai konfirmasi, Rabu (14/10).

(haf/haf)