15 Komodo Terlihat di Lokasi Proyek Wisata Pulau Rinca

ADVERTISEMENT

15 Komodo Terlihat di Lokasi Proyek Wisata Pulau Rinca

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 11:13 WIB
Komodo
Foto ilustrasi (Shutterstock/detikcom)
Jakarta -

Proyek pembangunan wisata alam di Taman Nasional Komodo jalan terus. Ada 15 komodo yang terpantau di lokasi proyek di Loh Buaya, Pulau Rinca.

"Setidaknya terdapat 15 individu komodo yang sering terlihat di sekitar lokasi dari total 60 individu komodo yang hidup di lembah Loh Buaya di Pulau Rinca," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang Nistyantara, dalam surat pengumumannya, dilihat detikcom, Senin (26/10/2020).

Surat tertanggal 25 Oktober 2020 itu didapatkan detikcom dari Direktur Jenderal Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KSDAE KLHK), Wiratno.

Sebanyak 15 ekor dari 60 ekor komodo yang ada di lembah Loh Buaya, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, itu terpantau kala pembangunan sarana dan prasarana wisata alam di Resor Loh Buaya berlangsung. Lokasi pembangunan berada di dermaga, pusat informasi wisatawan, jalan jerambah, dan penginapan ranger serta naturalist guide. Keselamatan satwa komodo diutamakan.

"Briefing harian secara konsisten dilakukan oleh petugas, pekerja maupun pengawas pembangunan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang dapat berdampak negatif terhadap keselamatan satwa, khususnya satwa komodo," kata Lukita.

Sebelumnya, ada foto yang viral beredar di media sosial memuat gambar seekor komodo berhadap-hadapan dengan truk. Lokasi foto itu disebut berada di Pulau Rinca, salah satu pulau di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

(dnu/bar)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT