Pengamanan Lalin Jelang Libur Panjang, Polda Metro Terjunkan 749 Personel

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 09:21 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Foto: Luqman/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan berlangsung akhir pekan ini. Polda Metro Jaya menerjunkan 749 personel untuk pengamanan lalu lintas.

"Melibatkan 749 personel," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2020).

Sambodo mengatakan pihaknya telah menyiapkan kurang-lebih 16 pos pengamanan lalu lintas saat libur panjang. Pos-pos tersebut tersebar di sejumlah titik.

"Minggu ini mulai Rabu-Minggu ada libur panjang cuti bersama libur Maulud Nabi. Polda Metro Jaya mengadakan kegiatan pengamanan. Ada 16 pos pengamanan, baik di jalur ke luar kota ke Cikampek, Jagorawi, maupun Tangerang serta tempat-tempat wisata," ujar Sambodo.

Selama PSBB transisi, tempat-tempat wisata mulai buka dengan kapasitas 50 persen. Sambodo menyebut akan melakukan pengawasan di sejumlah tempat wisata selama libur panjang.

"Katanya tempat-tempat wisata selama PSBB transisi sudah mulai buka walau 50 persen. Nanti kita lihat, kita akan amankan tempat wisata tersebut," ucap Sambodo.

Sebelumnya, libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan segera tiba. Polisi mengimbau warga tidak bepergian ke luar kota untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Sebaiknya tidak ke luar kota untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus Corona," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada detikcom, Kamis (22/10).

Polisi telah memetakan titik-titik rawan kemacetan. Sejumlah skenario dan rekayasa lalu lintas juga disiapkan guna mengantisipasi kemacetan panjang saat masa liburan.

(azr/azr)