Program Pahlawan Digital UMKM, Inovator Diminta Bangun Inovasi Berdampak

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 15:06 WIB
Pahlawan Digital UMKM 2020 (Foto: Istimewa)
Foto: Pahlawan Digital UMKM 2020 (Foto: Istimewa)

Sesi Pitching

Sebelumnya, 20 besar inovator Pahlawan Digital UMKM telah melakukan pitching atau presentasi dan pendalaman dengan para dewan juri. Sesi pitching dilakukan selain untuk menentukan 10 besar pemenang Pahlawan Digital UMKM yang akan mendapatkan hadiah dan kerja sama strategis dengan Kemenkop UKM. Selain itu, juga untuk melihat kualifikasi, rencana dan kiprah mereka selama ini dalam membangun inovasi digital yang membantu UMKM.

Selama sesi pitching yang berlangsung dua hari ini, para inovator diuji oleh deretan dewan juri berpengalaman dan punya nama besar dalam industri digital. Mereka antara lain penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari, dan Vice President Transformation Management Office Telkomsel Andry Firdiansyah.

Adapula sederetan nama pimpinan perusahaan raksasa digital seperti Neneng Goenadi yang merupakan Managing Director Grab Indonesia, Vertical Lead (Kepala Bagian Industri) Facebook Companies Aldo Rambie, dan Head of Public Policy & Government Relations Shopee Radityo Triatmojo.

Penggagas Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung mengaku bangga melihat kiprah banyak anak muda Indonesia dalam membuat solusi digital yang inovatif untuk membantu UMKM. Dia berharap para inovator yang terpilih bisa bermanfaat bagi UMKM.

"Senang banget perasaannya, campur aduk, bangga, terharu. Terima kasih untuk semua pahlawan digital yang mendaftar di Pahlawan Digital UMKM, semoga jouney kalian di Pahlawan Digital UMKM bisa berguna untuk kalian, semoga bisa menjadi lebih besar lagi dan bermanfaat lebih lagi untuk UMKM Indonesia" ujar Putri Tanjung.

Putri mengaku beberapa kali tak sanggup menahan haru melihat semangat dan ketulusan mereka menghadirkan solusi digital mulai dari level yang sangat lokal seperti kecamatan. Seperti yang dilakukan oleh salah satu inovator bernama Plaza Dayeuhluhur, yang membantu digitalisasi UMKM di kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah.

Rencananya puncak apresiasi program Pahlawan Digital UMKM akan berlangsung pada 28 Oktober mendatang. Nantinya, 10 besar Pahlawan Digital UMKM yang akan menjadi mitra strategis Kemenkop UKM dalam digitalisasi UMKM akan diumumkan pada tanggal tersebut.

Halaman

(mae/imk)