Kawasan Kebon Pala Jaktim Masih Terendam Banjir Setinggi 50 Cm

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 13:54 WIB
Banjir di kawasan Kebon Pala Jaktim (Foto: Wilda/detikcom)
Banjir di kawasan Kebon Pala, Jaktim. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, masih tergenang banjir hingga siang ini. Ketinggian air saat ini mencapai 50 cm.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (25/10/2020) pukul 12.47 WIB, warga terlihat masih berjibaku membersihkan lumpur dan mengeruk air dari dalam rumah. Air terlihat masih menggenang di sekeliling halaman luar rumah mereka.

Petugas sumber daya air (SDA) Jakarta Timur terlihat berada di lokasi. Mereka menyusuri aliran banjir yang menggenangi rumah warga.

Sesekali terlihat anak-anak bermain di keruhnya air. Mereka berenang sembari bercanda dengan teman sejawatnya.

Jhony (42), warga RW 5 Kebon Pala, menerangkan air datang pukul 01.30 WIB dini hari tadi. Dia menyebut ketinggian air pada saat itu mencapai 1,7 meter.

"(Pukul) 01.30 WIB malam, tingginya 1,5 meter sampai 1,7 meter," katanya.

Jhony menyebut banjir ini merendam 2 RW di wilayah Kebon Pala. Untuk di RW 5 antara lain RT 6, 10, dan 11. Sedangkan di RW 4 ada RT 12 dan 13.

Meski begitu, Jhony menyebut tinggi air sudah berkurang sejak pukul 10.00 WIB tadi. Saat ini, tinggi air masih sekitar 50 cm.

"Sekitar jam 10.00 WIB, 50 cm," ungkapnya.

Jhony mengatakan warga di sekitar tidak mengungsi saat banjir datang. Mereka lebih memilih bertahan di lantai atas rumahnya masing-masing.

"Tidak (mengungsi), pada di lantai atas," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kiriman air dari Bendungan Katulampa, Bogor, semalam mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir.

Tonton juga 'Banjir di Bekasi, Kawasan Villa Jatirasa yang Paling Parah':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)