Wapres Ma'ruf Ingin RI Jadi Pusat Produsen Halal Dunia di 2024

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 14:18 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berharap Indonesia menjadi produsen produk halal dunia pada 2024. Ma'ruf menilai Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat produk halal di dunia.

"Keinginannya pada 2024 menjadi produsen halal dunia, karena kita yakin. Kenapa? karena kita punya potensi. Konsumen dalam negeri kita sudah besar. Tinggal bagaimana kita menjadi produsen halal sebagai global hub-nya," kata Ma'ruf dalam webinar virtual yang diadakan KNEKS bertajuk 'Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia', Sabtu (24/10/2020).

Ma'ruf mengatakan keberadaan kawasan industri halal dapat menjadi tempat yang mempermudah pelayanan dan proses sertifikasi halal. Ma'ruf mengungkapkan saat ini Indonesia sudah memiliki dua kawasan halal yaitu, Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten, dan Safe n Lock Halal Industrial Park di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

"Kita harapkan nanti itu di kawasan industri itu, dia menjadi layanan terpadu. Jadi semacam mereka di situ memperoleh berbagai pelayanan, berbagai pelayanan kemudahan lain, termasuk sertifikasi halal. Jadi mereka bisa tidak ada kesulitan dalam mengurus itu. Jadi proses halalnya ada di tempat," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan Indonesia merupakan negara ketiga terbanyak yang melakukan ekspor produk halal ke negara-negara Islam dengan pangsa 10,7 persen. Sementara itu, untuk ekspor secara global, Indonesia baru mengisi sekitar 3,8 persen.

"Saat sekarang ekspor produk halal Indonesia ke negara OKI atau negara islam berdasarkan IMF Trade Statistics, itu kita negara ketiga, 10,7 persen, di bawah UEA, sedangkan yang lain Qatar di bawah kita. Tapi untuk global market, kita baru mengisi 3,8 persen," ucap Airlangga.

Selain itu, Airlangga menjelaskan ada enam lokasi kawasan industri halal yang saat ini sudah dan sedang disiapkan oleh pemerintah. Dua kawasan yang sudah jadi adalah Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten dan Safe n Lock Halal Industrial Park di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

"Ada enam kawasan industri yang sudah dan dalam proses, yaitu Kawasan Industri Modern Cikande, Kawasan Industry Safe and Lock di Sidoardjo, kemudian dalam persiapan adalah kawasan industri di Bintan Inti di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Kemudian di Pulau Batam yaitu Kawasan Industri Batam Indo. Di Kalimantan Tengah Kota Waringin adalah Industri Surya Borneo. Dan Kawasan Industri di Pulogadung," kata Airlangga.

(hel/dkp)