Relawan Jokowi Mania Sentil Menteri P, PKB Minta Tak Asal Sebut

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 14:17 WIB
Wasekjen PKB Daniel Johan (Gibran/detikcom)
Daniel Johan (Gibran/detikcom)
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JokMan) terus bersuara soal reshuffle menteri dan kini menyentil seorang menteri inisial P dalam kabinet Presiden Jokowi Widodo. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai tak bisa menilai kinerja menteri tanpa ukuran data.

"Penilaian terhadap kinerja itu harus by data, tidak bisa asal sebut tanpa data ukuran kinerja sesuai tupoksinya," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Sabtu (24/10/2020).


PKB, yang tergabung dalam koalisi pemerintah, menilai penyebutan inisial menteri jauh dari objektif, apalagi di tengah era disrupsi media sosial saat ini.

"Juga jangan terkecoh dengan info-info medsos yang berkeliaran. Nanti penilaiannya jadi subjektif dan berdasarkan feeling dan sentimen belaka, apalagi pemakaian inisial akan membuat penilaian semakin nggak jelas, bikin orang bertanya-tanya siapa yang dimaksud dan jadi sulit menilai objektivitasnya," ujar Daniel.

Bagi para menteri, PKB meminta tetap fokus mengemban amanah dan menuntaskan kerja. Adanya kritik, kata Daniel, menjadi pelecut meningkatkan kinerja ke depan.

"Para menteri fokus saja bekerja dengan sebaiknya, merespons positif saja segala masukan maupun kritik yang ada untuk semakin meningkatkan kinerja dan pelayanannya kepada rakyat," imbuhnya.


Sebelumnya, Ketua Umum JokMan, Immanuel Ebenezer, menyebut pihaknya sedang mempersiapkan rilis terkait nama-nama menteri yang layak diganti karena kinerjanya dinilai tidak memuaskan. Immanuel menyebut ada menteri yang asyik berbisnis dan berpolitik untuk Pilpres 2024.

"Inisial depannya P, yang kerjanya berbisnis dan berpolitik terus," kata Immanuel ketika dihubungi detikcom, Jumat (23/10).

(rfs/dnu)