Diguyur Hujan Deras, 3 Rumah di Desa Cisurat Sumedang Ambruk

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 01:20 WIB
Akibat hujan deras disertai angin kencang, dua rumah ambruk dan satu rumah ambles
Diguyur Hujan Deras, 3 Rumah di Desa Cisurat Sumedang Ambruk (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Akibat Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan tiga rumah milik warga di Dusun Cisurat, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, ambruk. Salah satunya, akibat diterjang longsor.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Yedi mengatakan dua rumah milik Budi (52) dan Wahab (37) saat ini sudah ambruk dan satu rumah lagi, milik Isak Wardana (30) nyaris ambruk setelah teras rumahnya ambles akibat longsor.

"Peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras yang disertai angin kencang sekitar pukul 16.00 WIB," kata Yedi melalui pesan Singkat, Jumat (23/10/2020).

Dengan adanya informasi tersebut, kata Yedi, petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang langsung dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengasesment. Ia mengatakan tidak korban jiwa akibat kejadian itu.

Untuk sementara, pemilik rumah saat ini sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman, sebab dikhawatirkan kawasan tersebut belum aman belum lagi rumah mereka saat ini sudah tidak dapat ditempati akibat rusak berat.

"Para pemilik rumah saat ini sudah mengungsi, karena kondisi tanah di kawasan tersebut masih bergerak," katanya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumedang agar dapat meningkatkan kewaspadaan pada musim penghujan ini, dikhawatirkan dapat terjadinya pergerakan tanah kembali. Sebab, secara topografi, wilayah Sumedang merupakan wilayah berbukit dan pegunungan, sehingga berpotensi terjadinya pergerakan tanah dan longsor.

"Kondisi tersebut berpotensi terjadinya bencana (longsor dan pergerakan tanah). Maka untuk warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terutama saat terjadi hujan," ucap Yedi.

(ibh/ibh)