Gubsu Minta Warga Jangan Keluar Rumah Jika Tak Penting Saat Long Weekend

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 18:54 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta warga Sumut tidak keluyuran saat long weekend pekan depan. Edy meminta warga tetap patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Corona (COVID-19).

"Saudara-saudaraku, rakyat Sumut, lima hari kita libur weekend kita, tapi tetap sedapat mungkin tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar protokol kesehatan," kata Edy di Medan, Jumat (23/10/2020).

Edy meminta warga tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Dia menyebut sebaiknya warga tak banyak keluar rumah demi mencegah tertular Corona.

"Tetapi sebaiknya jangan banyak-banyak keluar kalau itu tidak penting. Mari sama-sama kita jaga sehingga tidak terpapar COVID-19," sebut Edy.

Sebagai informasi, pada pekan depan setidaknya terdapat lima hari libur berturut-turut dimulai dari 28 Oktober 2020. Long weekend itu disebabkan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad pada Rabu dan Jumat, 28 dan 30 Oktober.

Maulid Nabi sendiri jatuh pada Kamis (30/10). Libur tiga hari itu bakal dilanjutkan dengan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu, 31 Oktober dan 1 November 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mewanti-wanti jangan sampai libur panjang berdampak pada kenaikan kasus positif Corona. Dia mengingatkan semua pihak harus belajar dari long weekend pada Agustus 2020 yang disebutnya memicu lonjakan kasus Corona.

"Ratas hari ini kita berbicara antisipasi penyebaran COVID berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober 2020. Mengingat kita punya pengalaman kemarin libur panjang 1,5 bulan yang lalu, setelah itu terjadi kenaikan agak tinggi," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin Ratas Antisipasi Penyebaran COVID-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (19/10).

(haf/haf)