Peringatan dari dr Reisa: Lengah Saat Liburan Bisa Berujung Pembatasan

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 18:02 WIB
dr Reisa Broto Asrmoro
Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah mewanti-wanti momen libur panjang yang akan terjadi pada 28 Oktober hingga 1 November 2020. Pemerintah mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 agar tidak terjadi peningkatan kasus COVID-19 sehingga berdampak diberlakukan lagi pembatasan aktivitas masyarakat atau PSBB.

"Ada satu momentum khusus di mana kedisiplinan 3 M kita akan diuji, yakni pada periode libur panjang dari 28 Oktober sampai 1 November nanti," kata jubir Satgas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/10/2020).

Dokter Reisa mengingatkan momentum long weekend atau libur panjang sebelumnya dapat dijadikan pelajaran agar tak berdampak pada kenaikan kasus Corona di tanah Air. Berkaca dari long weekend pada Agustus lalu, mengakibatkan lonjakan kasus Corona sehingga mengakibatkan padatnya kapasitas rumah sakit sehingga menyebabkan kembalinya diterapkan pembatasan aktivitas.

"Dua periode libur panjang sebelumnya telah memberikan pelajaran penting bagi kita untuk semakin bijak dan cerdas dalam menikmati masa liburan karena apabila kita lengah dalam menerapkan protokol kesehatan saat liburan ada konsekuensinya," ujar Reisa.

"Kita akan melihat lonjakan kasus sampai ribuan, rumah sakit, dan tim medis tentu akan kewalahan, sebagai akibatnya pembatasan aktivitas akan kembali ditingkatkan. Saya yakin kali ini kita akan lebih bijak karena lebih baik mengantisipasi daripada menyesal kemudian," ungkapnya.

Reisa mengatakan ada beragam cara agar masyarakat bisa menikmati momentum libur panjang meski berada di rumah. Tak hanya itu, ia mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Diketahui, pemerintah menambah cuti bersama maulid Nabi Muhammad SAW sehingga total libur menjadi 3 hari, yaitu 28, 29, dan 30 Oktober 2020. Dengan demikian, ada libur pada Rabu, Kamis, dan Jumat.

Kebijakan cuti bersama ini diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020.

(yld/tor)