Pemprov DKI Bakal Gunakan Rp 1 T dari Dana PEN untuk Penanganan Banjir

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 20:23 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Foto: Ilman/detikcom
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan menerima dana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2020 sebesar Rp 3,2 triliun. Salah satu penggunaannya akan dilakukan untuk penanggulangan banjir di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan dana PEN yang akan digunakan untuk penanggulangan banjir tahun ini sebesar lebih dari Rp 1 triliun. Namun, dia tidak mengetahui secara rinci nominalnya.

"Kalau nggak salah di atas satu (Rp 1 triliun)," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2020).

Riza mengatakan dana tersebut untuk pengerukan sampah, program drainase, serta revitalisasi pompa air. Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan.

"Detailnya saya tidak hafal, sejauh yang saya tahu itu digunakan untuk di antaranya program pengerukan sampah, program drainase vertikal, program pompa. Kemudian juga mungkin program pembebasan lahan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan dana PEN yang cair untuk DKI Jakarta sebesar Rp 3,2 triliun. Dana PEN akan digunakan dalam pembiayaan proyek yang berhenti karena COVID.

"Tahun ini kita dapat Rp 3,2 T. Itu akan dipakai untuk 6 kegiatan. Ada infrastruktur, kebudayaan. Proyek-proyek yang ditetapkan di 2020 lalu karena COVID dia berhenti. Itu dibiayai dengan PEN ini," kata M Taufik saat dihubungi, Rabu (21/10).

"Ada Jakarta International Stadium, ada normalisasi kali dan pelebaran kali, pembebasan lahan untuk kali, ada underpass dan flyover," sambungnya.

(man/aik)