Didatangi Polisi, Pemilik Mobil Buang Sampah di Kalimalang Tak Ada di Rumah

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 15:51 WIB
Buang sampah sembarangan dari mobil bisa di denda lho!
Foto ilustrasi buang sampah sembarangan. (The Sun)
Kabupaten Bekasi -

Polisi terus menyelidiki pengendara mobil yang membuang plastik sampah ke Kalimalang, Bekasi. Rumah pemilik kendaraan tersebut juga telah didatangi oleh polisi.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan kemarin pihaknya telah mengidentifikasi pemobil tersebut dan melakukan pengecekan ke rumah pemilik mobil. Namun, Hendra mengatakan rumah tersebut dalam keadaan sepi tidak berpenghuni.

"Pelaku sudah teridentifikasi bahkan kita kemarin sudah mendatangi rumahnya untuk mengecek sampah apa yang dibuang. Namun di rumahnya sepi nih. Mungkin dengan adanya viral dia tau makanya saat ini tidak ada di rumah," kata Hendra saat dihubungi wartawan, Kamis (22/10/2020).

Hendra menerangkan, saat petugas ke rumah pelaku, polisi belum menemukan barang-barang mencurigakan. Rumah tersebut, kata Hendra, tampak kosong.

Hendra enggan berspekulasi soal aktivitas apa yang ada di rumah tersebut. Menurutnya, saat ini pihak kepolisian masih terus mendalami tiap kemungkinan tersebut.

"Kita belum bisa memastikan ada home industry atau nggak karena pas kita ke sana kosong ya. Barang-barang mirip seperti sampah tadi itu kosong," terangnya.

"Sekarang kita masih penyelidikan, artinya apakah perbuatan pelaku itu ada tindak pidana atau bukan. Kalau tindak pidana maka bisa dilanjutkan ke penyidikan, tapi kalau bukan maka bisa dikenakan Perda (peraturan daerah) dan sebagainya," sambung Hendra.

Sebelumnya diberitakan, aksi pemobil membuang sampah di Kalimalang viral setelah salah satu warga merekam peristiwa itu. Dalam video yang beredar, tampak sebuah mobil minivan berwarna putih menepi di pinggir jalan.

Pengemudi menyalakan lampu hazard saat mobil tersebut berhenti. Kemudian, terlihat salah satu penumpang mobil itu melempar plastik besar diduga berisi sampah ke kali. Selama durasi video tersebut, tampak empat karung sampah dibuang.

Perekam video kemudian mengarahkan kameranya ke arah pelat mobil. Tertulis pelat mobil tersebut B-9338-FCC. Dalam narasi di video yang viral itu, kejadian itu berlangsung di Jalan Inspeksi Kalimalang.

(mea/mea)