Pekerja Ambulans DKI: Pak Anies, Massa Demo Omnibus Law Ditemui, Kami Tidak?

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 13:13 WIB
Pekerja Ambulans Dinkes DKI demo tuntut tak ada PHK saat pandemi
Pekerja Ambulans Dinkes DKI demo menuntut tak ada PHK saat pandemi. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Massa pegawai non-PNS dari Perkumpulan Pekerja Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta yang sedang berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui mereka. Massa pun membandingkan dengan tindakan Anies yang sempat menemui massa demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja dua pekan lalu.

"Pak Anies, kenapa massa demo omnibus law ditemui, kami tidak?" ujar salah satu orator di atas mobil komando di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2020).

Dia pun mempertanyakan alasan Anies menemui para pendemo penolak omnibus law. Sementara itu, karyawan AGD DKI yang notabene merupakan karyawan Pemprov DKI tak ditemui Anies.

"Apa karena mereka merusak halte? Kami pegawai AGD DKI, Pak. Dari tadi pagi tidak ada tanda-tanda ditemui," katanya.

Setelah itu, sejumlah orang yang berada di depan pagar Balai Kota DKI mencoba merangsek masuk ke dalam. Massa tampak menggedor-gedor pagar Balai Kota DKI. Namun aksi itu dicegah oleh orator.

"Tahan dulu, tahan," ujar orator.

Massa dari PP AGD Dinkes DKI Jakarta itu melakukan unjuk rasa karena ada 3 orang pegawai yang di-PHK. Selain itu, 72 orang lainnya terancam PHK.

"Di bulan Oktober ini, ada 3 yang di-PHK," kata pengurus PP AGD DKI Jakarta, Abdul Adjis.

Untuk diketahui, pada 8 Oktober 2020, Anies sempat menemui massa mahasiswa yang menolak UU Cipta Kerja setelah meninjau halte TransJakarta yang dibakar dan dirusak. Anies kala itu berpesan agar mahasiswa tetap tertib.

"Sekarang saya ingin sampaikan kepada semua bahwa apa yang menjadi aspirasi tadi yang sudah diungkapkan, besok kita akan sampaikan dan kita akan teruskan aspirasi itu. Besok akan kita lakukan pertemuan itu. Jadi teman-teman sekalian saya apa yang tadi disampaikan tadi secara lisan, banyak yang merekam di sini, besok akan diteruskan dan teman-teman sekalian ingatlah bahwa yang namanya menegakkan keadilan adalah tanggung jawab kita semua dan anda semua sedang berusaha menegakkan keadilan," ujar Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (8/10).

"Karena itu, jalankan juga dengan sebaik-baiknya, jalankan dengan tertib, siap tertib? Siap sampai rumah selamat? Siap sampai rumah tertib? Kita harus buktikan bahwa kita adalah orang-orang yang kata-katanya bisa dipercaya. Ketika kita akan mengatakan kami akan tertib, tunjukkan tertib itu. Ketika kita akan bisa menjaga keselamatan warga yang lain, tunjukkan keselamatan warga itu. Betul tidak?" sambung Anies.

Simak juga video 'Massa Buruh Tolak Omnibus Law Tiba di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



(man/mae)