Cegah Kerumunan Massa, 2 Debat Pilwalkot Makassar Akan Digelar di Jakarta

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 12:18 WIB
Ilustrasi gedung KPU
Foto: Ilustrasi (Andhika Prasetia-detikcom).
Makassar -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan menggelar debat pertama dan kedua Pilwalkot Makassar 2020 di Jakarta. Debat digelar di luar Makassar dinilai efektif untuk mengantisipasi kerumunan massa pasangan calon di tengah pandemi COVID-19.

Ketua KPU Makassar M Farid Wajdi mengungkapkan, debat pertama akan dilaksanakan pada awal November, sementara debat kedua pada pertengahan November. Namun, Farid belum mengungkapkan tanggal pasti debat tersebut.

"Yang pertama itu awal November besok, debat kedua pertengahan November, dan debat ketiga penutup masa kampanye. Yang jelas bagaimana debat paslon ini bisa diakes oleh seluruh masyarakat Makassar," kata Farid saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (22/10/2020).

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar lalu menjelaskan alasan debat pertama dan kedua dilaksanakan bukan di Kota Makassar, tapi di Jakarta. "Karena mengingat animo masyarakat (menyambut) Pilkada di Makassar kan cukup tinggi, selain faktor keamanan, juga faktor kondisi pandemi COVID-19," ujar Gunawan saat dimintai konfirmasi terpisah.

Tingginya animo masyarakat Makassar menyambut Pilwalkot Makassar 2020 dinilai berpotensi mendatangkan massa pasangan calon dalam jumlah banyak jika lokasi debat berada di Kota Makassar. Sementara itu, Makassar hingga kini masih berjuang melawan penyebaran COVID-19.

"Dengan pelaksanaan di Jakarta itu setidaknya bisa membatasi jumlah orang (massa pendukung) yang datang. Kedua, tensinya juga tidak terlalu tinggi kalau misalnya debat pertama dan debat kedua dilaksanakan di Jakarta," jelasnya.

Menurut Gunawan, KPU Makassar akan mudah membatasi jumlah orang yang datang ke lokasi debat jika debat dilaksanakan di Jakarta. Mereka yang datang ke lokasi debat Pilwalkot Makassar 2020 di Jakarta di antaranya hanya panelis debat, pasangan calon, hingga tim pasangan calon yang jumlahnya hanya 3 sampai 4 orang.

Berbeda dengan debat pertama dan kedua yang dilakukan di Jakarta, KPU Makassar akan tetap menyelenggarakan debat ketiga di Kota Makassar. Pertimbangannya, karena debat ketiga dilaksanakan pada 4 Desember 2020, atau sehari jelang masa kampanye berakhir.

"Debat ketiga itu sengaja kita lakukan di Makassar karena tujuannya memang sudah dekat pemilu, kalau debat ketiga kan itu rencananya tanggal 4 Desember kita rencanakan. Tujuannya supaya calon tidak jauh-jauh dari wilayah pemilihan. Yang kedua kami juga pasti juga akan sudah banyak disibukkan dengan urusan-urusan logistik," paparnya.

(nvl/idh)