Warga Depok Akan Divaksin Corona Akhir November, Prioritas Nakes

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 10:39 WIB
Pjs Wali Kota Depok Dedi Supandi (Sachril Agustin/detikcom)
Pjs Wali Kota Depok Dedi Supandi (Sachril Agustin/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar vaksinasi COVID-19. Sebanyak 20 persen penduduk Kota Depok akan diberi vaksin virus Corona.

"Kabar gembira kedua (tentang) vaksin (COVID-19). Ada 9 juta vaksin, yang dari 9 juta vaksin ini saya nggak tahu jenisnya, tapi pusat yang menentukan nanti, dan Depok ada rencana 60 persen dari jumlah total penduduk, itu target yang harus divaksin," kata Pjs Wali Kota Depok Dedi Supandi saat menjadi pembicara di acara Hari Santri Nasional di aula kantor Kementerian Agama Kota Depok, Kamis (22/10/2020).

"Dari target yang harus divaksin (di Depok), pertama yang akan divaksin itu 20 persen (dari total penduduk di Kota Depok," lanjutnya.

Supandi menambahkan Kota Depok mendapat sekitar 392 ribu vaksin COVID-19. Tahap I vaksinasi ini, lanjutnya, akan dilakukan November nanti.

"Jadi sekitar 392 ribu vaksin nanti di akhir November itu akan hadir. (Sekitar 392 ribu vaksin adalah) tahap satu (vaksinasi COVID-19 di Depok)," lanjutnya.

Dia menjelaskan 392 ribu vaksin ini akan diprioritaskan untuk orang-orang yang rentan terkena COVID-19.

"Prioritasnya nanti ada yang ke, prioritas untuk ke pelayanan publik. Pelayanan publik yang dia rentan (terkena COVID-19), seperti nakes (tenaga kesehatan), TNI-Polri, RT/RW, itu akan didahulukan. Nanti secara bertahap, idealnya 60 persen dari jumlah penduduk. Tapi dari 60 persen itu 20 persen dulu secara bertahap," ujar Supandi.

Siang ini pun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan datang ke Kota Depok. Ridwan Kamil akan datang ke Puskesmas Tapos untuk melihat simulasi vaksin COVID-19.

"Simulasi nanti di Puskesmas Tapos, ya. Nanti tanya Pak Gubernur nanti," tandas Supandi.

(isa/isa)