Satgas: 90% Klaster Kantor Disiplin Pakai Masker, Tertular Corona Saat Makan

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 23:15 WIB
Doni Monardo
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengungkap data terkait klaster penularan Corona di perkantoran. Menurut Doni, pekerja kantor yang terpapar COVID-19 kebanyakan mereka yang taat memakai masker di kantornya.

"Klaster perkantoran mereka yang terpapar itu, setelah diwawancarai adalah orang yang disiplin, 90 persen lebih adalah pengguna masker, mulai dari pagi-sore pasti pakai masker," kata Doni, dalam dialog langsung yang ditayangkan akun YouTube BNPB, Rabu (21/10/2020).

Doni menyebut ada beberapa kemungkinan kenapa pekerja itu masih bisa tertular meskipun sudah disiplin memakai masker. Doni mengatakan penularan bisa saja terjadi karena penggunaan masker yang tidak benar atau saat makan dan tidak jaga jarak.

"Pertanyaan kenapa kok terpapar juga, pertama mungkin memperlakukan maskernya kurang bagus, kemudian paling banyak itu saat makan, jaga jaraknya tidak diatur ketika makan bersenda gurau, inilah terjadi proses penularan lewat aerosol," ujarnya.

Doni mengingatkan kembali untuk terus mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada. Dia menyebut saat ini tidak ada tempat yang betul-betul aman dari penularan virus Corona.

"Dalam kondisi pandemi ini sudah tidak ada lagi tempat yang betul-betul aman, amannya itu ketika kita disiplin pakai masker, jaga jarak, ketika makan pun harus membatasi diri tidak ngobrol," tuturnya.

(eva/knv)