Moeldoko soal Jalan Jokowi di Abu Dhabi: Kita Harus Ikut Berbangga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 19:47 WIB
Nama tokoh Indonesia yang menjadi nama jalan di negara sahabat kini bertambah lagi. Presiden Joko Widodo kini punya jalan sendiri di Abu Dhabi.
Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Foto: KBRI UEA)
Jakarta -

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Abu Dhabi adalah cerminan dari hubungan diplomatik Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Moeldoko menyebut nama anak bangsa ditempatkan pada posisi yang terhormat di Ibu Kota Abu Dhabi.

"Jalan Joko Widodo di Abu Dhabi di United Emirate Arab dari sisi diplomatik kita melihat diplomatik Indonesia di luar negeri sungguh sangat baik perkembangannya bertumbuh dengan pesat, berikutnya bagaimana posisi Indonesia dalam membangun hubungan dengan Uni Emirat Arab adalah sebuah lompatan yang sangat signifikan," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2020).

Moeldoko menyebut nama pemimpin negara diabadikan di sebuah jalan adalah sebuah apresiasi yang luar biasa dari UEA untuk Indonesia. Menurut Moeldoko, nama Jokowi diletakkan pada tempat yang terhormat.

"Saya pikir itu sebuah apresiasi luar biasa dari negara yang bersangkutan. Untuk itu kita warga bangsa harus ikut berbangga karena nama anak Indonesia pemimpin republik ini ditempatkan di tempat terhormat menjadi sebuah nama jalan di Uni Emirat Arab. Ini saya pikir adalah sebuah apresiasi dari luar negeri dan kita juga harus bisa ikut menaruh rasa hormat atas semuanya," katanya.

Lebih lanjut, Moeldoko mengatakan hubungan diplomatik yang dibangun kedua negara bukan hanya terbatas dalam satu sektor seperti ekonomi. Hubungan itu, kata Moeldoko, dalam berbagai sektor kehidupan.

"Saya pikir hubungan diplomatik dimaknai artian yang lebih luas ya, bukan hanya dari sisi ekonomi tapi dari arti yang lebih luas. Bagaimana membangun hubungan budaya, membangun hubungan sektor-sektor sosial dan lain-lain. Saya pikir pemahaman hubungan diplomatik yang dilihat semakin lebih luas tidak pada suatu sektor," tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Uni Emirat Arab meresmikan nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi. Peresmian nama jalan itu merupakan bentuk penghormatan pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral antara RI dan UEA.

Peresmian nama Jalan Presiden Joko Widodo ini digelar Senin (19/10) pukul 16.45 waktu setempat oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Syekh Khalid bin Mohammed bin Zayed al-Nahyan.

Simak video 'Kini Ada Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)