Polri Tahu Brigjen EP Terlibat LGBT karena Ada Aduan

Kadek Melda L - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 16:15 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto: dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Brigjen EP dinyatakan oleh Komisi Kode Etik (KKE) Polri melakukan perbuatan tercela karena terlibat dalam kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Polri mengatakan awal mula tahu Brigjen EP terlibat dalam kelompok tersebut karena ada aduan.

"Yang jelas kita sudah laksanakan penindakan. Semua tentunya berdasarkan laporan polisi, ada pengaduan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Rabu (21/10/2020).

Awi menuturkan pekerjaan rumah (PR) pihaknya saat ini adalah menyelidiki lagi ada atau tidaknya anggota selain Brigjen EP yang terlibat dalam kelompok LGBT. Awi menyampaikan akan melakukan evaluasi internal karena adanya kasus personel LGBT.

"(Sejauh ini adakah yang terlibat LGBT juga) itulah yang menjadi PR internal kita terkait fenomena itu, menjadi evaluasi," tuturnya.

Sebelumnya, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Sutrisno Yudi Hermawan mengatakan Brigjen EP telah dijatuhi sanksi karena terlibat LGBT. Polri menjatuhkan sanksi nonjob terhadap Brigjen EP hingga dirinya pensiun.

"Salah satu sanksi adalah nonjob (tidak diberi jabatan) sampai purna," kata Yudi Hermawan kepada detikcom, Selasa (20/10).

Yudi menjelaskan perkara Brigjen EP terlibat LGBT telah selesai akhir tahun lalu. Brigjen EP telah diperiksa Divisi Propam Polri dan dikenai sanksi pada akhir 2019.

"Sudah diperiksa, disidangkan dan sudah diberikan sanksi oleh Div Propam Mabes pada akhir 2019," jelas Yudi.

(aud/aud)