Usaha Sulit Cuan Saat Pandemi? Coba Temukan Solusinya di Acara Ini

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 14:04 WIB
Festival Ide Bisnis
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Kata siapa di masa pandemi tidak bisa mencari pundi-pundi cuan? Justru di masa pandemi ini peluang bisnis lainnya bermunculan.

Bagi yang penasaran, kamu bisa intip di Festival Ide Bisnis. Acara persembahan detikcom dan BNI ini, bakal memberikan solusi jitu untuk mengatasi usaha yang minim cuan saat pandemi.

Kamu bisa belajar dari salah satu tokoh desainer Indonesia Anne Avanti. Di acara ini Anne membeberkan rahasia bisnis tetap cuan selama pandemi. Ia mengatakan kalau sebuah bisnis ingin tetap berjalan, harus sering-sering mendengarkan konsumennya. Selain mengetahui keinginan konsumsen, juga dapat mengembangkan produk yang ditawarkan.

Ia juga mengatakan dalam menjalani suatu usaha, pasti ada saja nyinyiran dan komentar negatif terkait usaha yang dijalani. Namun, hal tersebut jangan malah membuat kamu berpikir yang negatif karena bila komentar tersebut datang bukan dari konsumen jadi ada baiknya untuk diabaikan saja.

Ada juga cerita dari pendiri kedai minuman Haus! Gufron Syarif yang menuturkan ide awal bisnis yang ia gelutinya tersebut berawal dari riset pasar terlebih dahulu. Ia melihat peluang untuk masuk ke dalam bisnis minuman.

Di situlah ia melihat sebuah peluang untuk membuat kedai minuman yang diperuntukan untuk kelas middle-low.

Berbeda dari Gufron yang menyulap kedai kopinya menjadi kedai minuman kekinian. Pemilik dari Jago Coffe, Yoshua Tanu memakai jurus inovasi inovasi dari tren yang sedang berkembang untuk memajukan usahanya.

Ia memiliki ide untuk menyajikan kopi yang berkualitas dan fresh kepada pelanggannya, akhirnya ia memikirkan suatu inovasi jemput bola. Sehingga bukannya konsumen yang mendatangi kedai kopi miliknya, melainkan kedai Jago Coffee yang mendatangi konsumen.

Caranya pun cukup unik, ia mengirim 2 barista ke daerah perkantoran yang dimodali sepeda listrik. Layaknya starbak keliling (starling), para barista tersebut akan menyajikan kopi kepada para konsumennya dengan alat penyeduh yang energinya berasal dari sepeda listriknya. Jago Coffee pun kini telah memiliki aplikasi yang dapat digunakan oleh konsumen.

Ini tadi adalah beberapa cerita inspiratif dari para pelaku UMKM yang mampu melihat peluang bisnisnya. Bukan hanya mereka saja, BNI juga bakal menghadirkan narasumber lain yang siap berbagi ratusan ide bisnis kepada kalian.

Festival ini bakal berlangsung hingga hari Jumat yang akan dimulai pada pukul 13.00 WIB dan bisa disaksikan di detikcom. Acara ini tidak dipungut biaya seperser pun alias gratis!

(prf/ega)