Mahasiswa Bubar dari Patung Kuda, Massa Remaja Maju Lempar Batu ke Aparat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 17:31 WIB
Massa remaja maju provokasi aparat di sekitar patung Kuda Monas
Massa remaja maju memprovokasi aparat di sekitar patung kuda Monas. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Massa mahasiswa mengakhiri demo dan membubarkan diri dari Patung Kuda, Jakarta Pusat. Namun, massa berbeda yang terdiri dari remaja justru maju ke arah aparat.

Pantauan detikcom, di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, sekitar pukul 16.30 WIB, massa mahasiswa menyudahi aksi demonstrasinya. Mereka secara bergelombang membubarkan diri dari lokasi demo.

Tampak mereka bubar ke sejumlah arah. Mulai dari ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan hingga ke arah bundaran HI.

Mereka bergerak membubarkan diri dengan mengikuti arahan orator dari atas mobil komando. Seiring mobil komando meninggalkan lokasi, massa pun mengikuti dari belakang.

Namun, sejumlah massa remaja merangsek maju ke depan kawat berduri berdekatan dengan aparat yang berjaga. Massa remaja itu bergerak maju ke aparat sekitar pukul 17.05 WIB. Mereka terlihat melakukan provokasi dengan melemparkan batu ke arah aparat.

Selain itu, massa remaja terlihat melemparkan petasan kepada aparat yang berjaga. Terhitung, ada 3-4 lemparan petasan yang dilakukan massa remaja.

Melalui pengeras suara, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengimbau massa remaja tidak melakukan tindakan anarkistis. Sebab, saat ini aksi unjuk rasa telah selesai.

"Adik-adik, aksi unjuk rasa udah selesai. Jangan melakukan provokasi, tidak anarkis. Silakan Adik-adik mundur dengan tertib. Aksi kita lakukan bisa berjalan dengan tertib dan tidak ada anarkisme," kata Heru.

Simak video 'Massa BEM SI Bubar dari Patung Kuda, Massa Lain Bertahan':

[Gambas:Video 20detik]



(man/imk)