Demo di Patung Kuda, Massa Mahasiswa Gelar Aksi Teatrikal

Luqman Nurhadi - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 14:49 WIB
Mahasiswa gelar aksi teatrikal di sela demonstrasi tolak UU Cipta Kerja
Mahasiswa menggelar aksi teatrikal di sela demonstrasi tolak UU Cipta Kerja. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Massa mahasiswa tengah melakukan demonstrasi tolak omnibus law UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Di sela demonstrasi, mereka melakukan aksi teatrikal.

Pantauan detikcom, Selasa (20/10/2020), pukul 14.05 WIB, mahasiswa mulai memadati sekitar kawasan Patung Kuda. Mereka berorasi menyampaikan penolakan atas UU Cipta Kerja.

Selain berorasi, mereka melakukan aksi teatrikal. Tampak seorang pria yang berpenampilan lusuh membawa boneka mayat. Boneka itu diibaratkan sebagai demokrasi yang mati.

Dia menangis sedih dengan matinya demokrasi. "Kepada siapa aku harus berteduh, demokrasi," kata mahasiswa itu.

Tidak berapa lama, boneka mayat itu diambil paksa. Pria lusuh itu tampak memohon agar boneka mayat yang disimbolkan dengan demokrasi itu agar dikembalikan.

"Kembalikan suara-suaraku. Demokrasi...," ujarnya.

Pria itu terus meminta agar demokrasi dikembalikan. Aksi teatrikal berakhir dengan seruan hidup mahasiswa dan demokrasi.

Massa demo mahasiswa menolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja mulai berdatangan ke kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, sejak pukul 12.05 WIB. Massa kali ini dari gabungan BEM SI.

Mereka membawa sejumlah poster dan bendera BEM SI. Mereka juga memakai almamater identitas masing-masing kampus asalnya.

"Perjuangan Tak Akan Mati oleh Tindakan Represif Aparat," tulis poster yang dibawa oleh massa.

(eva/eva)