Dibantu Andre, Ratusan Pedagang SPR Padang Akan Pasang Listrik Gratis

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 14:09 WIB
Andre Rosiade di SPR Sumbar/ Dok Gerindra Sumbar
Andre di SPR Sumbar (Foto: dok. Gerindra Sumbar)
Padang -

Anggota Komisi VI DPR RI Andre memfasilitasi aliran listrik untuk ratusan pedagang di Sentral Pasar Raya (SPR) Plaza Padang. Manajemen PLN memasang listrik prabayar gratis untuk para pedagang.

"Alhamdulillah, manajemen pusat PLN siap memasangkan listrik untuk semua toko pedagang di SPR ini. Kami dapat datanya sekitar 150 pedagang. Sekarang tinggal memastikan izin dari pengelola," kata Andre dalam keterangan tertulis, Selasa (20/10/2020). Andre bersilaturahmi dengan para pedagang SPR di Pasar Raya Padang, Jalan M Yamin, Senin (19/20) kemarin.

Informasi soal pemasangan listrik gratis itu, kata Andre , disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN yang dijabat oleh Bob Saril, Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto, dan General Manager PLN Sumbar Bambang Dwiyanto.

Andre Rosiade di SPR Sumbar/ Dok Gerindra SumbarAndre di SPR Sumba (Foto: dok. Gerindra Sumbar)

"Kami sudah kontak semuanya dan menyatakan kepastian pemasangan listrik dari dana CSR ini," kata Andre.

Nilai total bantuan pemasangan listrik ini mencapai Rp 1,5 juta per meteran atau Rp 225 juta untuk 150 pedagang. "Kami sekarang menunggu kesediaan dari pengelola karena ini adalah win win solution agar aktivitas di SPR berjalan kembali. PLN juga mengabaikan sementara utang pengelola yang mengakibatkan dicabutnya aliran listrik di lokasi itu," kata anggota Dewan Pembina Gerindra ini.

Andre menyentil kurangnya perhatian Pemko Padang terhadap masalah ini karena, meski sudah sekitar lima bulan listrik dicabut, belum ada langkah konkret. "Kami minta Pemko Padang menuntaskan segala hal soal ini, terutama menyelamatkan ratusan pedagang SPR," kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini didampingi anggota Fraksi DPRD Padang Budi Syahrial.

Ketua Pedagang SPR Erwin mengapresiasi bantuan Andre. Dia menyatakan bantuan listrik ini memberikan napas baru bagi pedagang yang sudah sangat kewalahan. Apalagi dengan biaya genset setiap hari yang membebani. Belum lagi pengunjung yang jauh berkurang akibat pandemi COVID-19.

"Terima kasih, Pak Andre , atas bantuannya kepada para pedagang. Kami juga minta kepada pengelola, jangan persulit izin kami memasang listrik PLN. Begitu juga dengan pedagang yang sudah melunasi angsuran kredit toko, segera diberikan sertifikatnya," kata Erwin, yang diamini puluhan pedagang yang hadir dalam pertemuan.

Andre Rosiade di SPR Sumbar/ Dok Gerindra SumbarAndre di SPR Sumbar (Foto: dok. Gerindra Sumbar)

Anggota Fraksi Gerindra Padang Budi Syahrial mengatakan akan mengawal pemasangan meteran listrik ke pedagang. "Kami juga ingin pedagang aktif memastikan izin ini diberikan. Kepada pengelola diminta juga memberikan sertifikat kepada pedagang yang tokonya sudah lunas. Karena dapat dianggap penggelapan jika tak diberikan," kata wakil ketua DPC Gerindra Padang ini.

Perwakilan SPT Joko turut mengapresiasi langkah Andre . Dia meminta waktu beberapa hari untuk menyampaikan isi pertemuan kepada owner SPR di Jakarta. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan Pak Andre kepada pedagang. Kami akan komukasikan ini segera dengan owner," katanya.

(tor/fjp)