SIDAK 19 Oktober: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 21:56 WIB
ilustrasi twitter
Ilustrasi Twitter (Foto: 9to5mac)
Jakarta -

Berita mengenai gaya hidup mewah selebgram yang dibandingkan dengan Raffi Ahmad menjadi perbincangan hangat hari ini. Selain itu, berita soal game Tirta karya anak bangsa yang akan hadir di PS5 juga menjadi berita populer.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SIDAK!: 19/10/2020 DI ATAS SELEBGRAM NGESOK, MASIH ADA RAFFI AHMAD' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 4 rangkuman berita teraktual hari ini:

1. Heboh Selebgram Sok Makan Mewah, Denny Cagur Bandingkan dengan Raffi Ahmad
Video berisi beberapa orang sedang makan di sebuah restoran dan mengaku sebagai orang kaya viral di media sosial. Dalam video itu, terlihat ada sosok selebgram Denise Chariesta, yang bersama teman-temannya, ia mengejek orang lain yang makan di pinggir jalan.

"Hai guys, selamat malam. Gue mau kasih tau aja sih kalo orang kaya itu nongkrongnya di mall. Mal-nya mevah, kalau kamu dimana? Pinggiran ya? Kalo gitu nggak usah temenan sama kita ya, bye!" ujar selebgram tersebut.

Akhirnya, video itu sampai ke Denny Cagur. Ia tampak geram dengan kelakuan Denise Chariesta dengan membuat video balasan. Denny Cagur yang diketahui sebagai salah satu komedian sukses di Indonesia membandingkan Denise Chariesta dan teman-temannya itu dengan beberapa rekan artisnya, seperti Raffi Ahmad, Ruben Onsu dan Eko Patrio.

Bukan cuma terkenal, mereka juga memiliki bisnis yang sukses dan kaya raya. Di video itu, mereka tampak makan di sebuah kedai makanan di pinggir jalan bersama-sama.

"Nih dapet salam dari yang nongkrong di pinggiran, @ekopatriosuper @raffinagita1717 @ruben_onsu," tulis Denny di video yang diunggah ke Stories di Instagram.

2. Unik! Tahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang Membutuhkan
Mobil tahu bulat yang keliling di kawasan Jakarta Selatan ini punya keunikan sendiri. Mobil itu membawa paket makanan gratis, juga sebungkus tahu bulat untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada warga yang membutuhkan.

Foto dan video mobil tahu bulat yang diunggah di akun instagram @dramaojol.id ini langsung menarik perhatian netizen. Ada 50 paket nasi bungkus dan tahu bulat yang dibagikan khusus untuk para pekerja informal seperti pemulung, pedagang kaki lima, pengemudi ojol dan masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui, mobil tahu bulat unik ini sudah beroperasi keliling kawasan Jakarta Selatan mulai dari Pasar Minggu, Jagakarsa dan Kebagusan sejak 29 September-16 Oktober 2020.

Dari foto yang diunggah, terlihat mobil tahu bulat ini dihampiri dan menghampiri beberapa orang. Seperti petugas penyapu jalan, rombongan pengamen ondel-ondel, driver ojol serta pemulung. Senyum dan rona bahagia terpancar jelas dari wajah masyarakat penerima bantuan makanan gratis ini.

"Semenjak Pandemi, dagangan saya menurun 40%. Karena ada kegiatan ini jadi saling bantu. Setiap hari saya bantu bagikan 50 paket nasi bungkus dan 50 bungkus tahu bulat. Biasanya saya pilih-pilih orang yang dibagikan seperti pemulung, pedagang, petugas pembersih jalan. Saya senang dapat bantu menyalurkan, semoga bisa berkah untuk semuanya", Daffa, penjual tahu bulat.

3. Keren! Game Tirta Buatan Anak Bangsa Akan Hadir di PS5
Industri game Indonesia kembali menelurkan game keren buatan anak bangsa. Kali ini giliran Tirta, game buatan Indonesia yang akan dirilis pada tahun 2022 mendatang.

Tirta adalah game garapan studio game Agate yang cerita dan gameplay-nya terinspirasi budaya Bali. Game ini berencana menampilkan budaya Indonesia agar lebih mudah diakses oleh pemainnya, serta menceritakan kisah manusia versus alam.

Tirta adalah proyek terbaru yang dikembangkan oleh Agate, studio di balik game seperti Valthirian Arc: Hero School Story untuk PS4, PC dan Nintendo Switch, serta mobile game seperti Code Atma dan Esports King.

Tirta akan tersedia untuk PS4, PS5, PC dan Nintendo Switch. Game ni akan dirilis pada tahun 2022 tapi jadwal pastinya belum terungkap.

4. Twitter Belum Mampu Tandai Cuitan Hoax Orang Indonesia
Twitter mengungkap belum mampu menandai cuitan orang Indonesia yang melanggar aturan platform seperti yang dilakukan berulang kali sejumlah orang ke Presiden AS, Donald Trump. Public Policy Director, Indonesia & Malaysia, Twitter, Agung Yudha mengungkap saat ini Twitter Indonesia belum memiliki fitur penandaan atau pelabelan tersebut.

Fitur itu baru dimiliki oleh Twitter Amerika Serikat dan hanya berlaku untuk isu-isu terkait COVID-19 dan pemilu AS. Apabila fitur pelabelan cuitan mendapat timbal balik positif, kemungkinan fitur itu akan diluncurkan secara global.

"Belum ada karena fitur itu saat ini baru di AS dan itu pun untuk sementara ini hanya untuk konten terkait COVID-19 dan us election jadi di luar itu masih belum. Jika misalnya trial ini sukses dan didukung pengguna, kemungkinan akan diluncurkan ke global secara bertahap," kata Agung dalam konferensi virtual, Kamis (15/10).

Agung menjelaskan Twitter Indonesia belum memiliki informasi kapan dan negara mana yang akan mendapatkan fitur pelabelan tersebut. Kemudian belum diketahui apakah pelabelan tersebut hanya berlaku untuk isu COVID-19 dan pemilu atau bisa untuk isu-isu lainnya.

[Gambas:Youtube]

(azr/knv)