Libur Panjang Akhir Oktober, Wagub DKI Singgung 2 Kali Lonjakan Kasus Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 20:29 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mewanti-wanti adanya peningkatan kasus positif virus Corona (COVID-19) saat libur panjang pada akhir Oktober. A Riza mencontohkan dua kali terjadi lonjakan kasus Corona di DKI Jakarta usai libur panjang.

"Yang perlu kami sampaikan, yang perlu kami garis bawahi juga, khususnya warga Jakarta kita mengalami dua kali peningkatan yang signifikan di bulan bulan lalu disebabkan memang ada libur panjang, banyak lagi kita semua warga Jakarta yang ke luar daerah," kata A Riza kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (19/10/2020).

Seperti diketahui, pada akhir Oktober 2020, libur panjang dimulai pada 28 Oktober sampai 1 November 2020. Untuk itu, A Riza meminta warga Jakarta tidak meninggalkan wilayah Ibu Kota.

"Kita minta supaya sedapat mungkin warga Jakarta tidak keluar kota, apalagi melakukan kegiatan-kegiatan kerumunan. Kita belajar dari peristiwa dua kali libur panjang di Jakarta ini terjadi peningkatan signifikan," kata A Riza.

A Riza menyebut, saat terjadi pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terjadi risiko penularan virus Corona yang lebih besar. Karena itulah, ia meminta masyarakat sebisa mungkin tetap berada di rumah.

"Dan tentu sebagaimana sering kami sampaikan kalau ada pelonggaran di mana pun itu artinya potensi orang yang ke luar rumah meningkat, potensi orang yang berinteraksi meningkat, dan potensi kerumunan bisa meningkat pada akhirnya juga potensi penularan penyebaran bisa meningkat," kata Riza.

"Untuk itu, tempat yang terbaik sebagaimana sering disampaikan Pak Gubernur adalah tetap berada di rumah, kecuali bagi mereka yang penting sekali, sedapat mungkin kita berada di rumah," katanya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mewanti-wanti jangan sampai libur panjang berdampak pada kenaikan kasus virus Corona di Indonesia. Jokowi mengingatkan soal long weekend pada Agustus 2020 yang mengakibatkan kasus Corona meningkat.

"Ratas hari ini kita berbicara antisipasi penyebaran COVID berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober 2020. Mengingat kita punya pengalaman kemarin libur panjang 1,5 bulan yang lalu, setelah itu terjadi kenaikan agak tinggi," kata Jokowi, Senin (19/10).

Simak video 'Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Jokowi Tak Ingin Kasus Corona Naik!':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/azr)