Penahanan John Kei dkk Dititipkan di Rutan Polda Metro

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 20:21 WIB
Polda Metro Jaya menggelar jumpa pers terkait kasus penembakan di Perumahan Green Lake, Tangerang. Dalam jumpa pers ini, John Kei dkk dipamerkan.
John Kei (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

John Refra alias John Kei dkk telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Penahanan John Kei dkk dititipkan di Rutan Polda Metro Jaya dengan status sebagai tahanan jaksa.

"Kita telah menerima tersangka berikut barang bukti untuk 20 hari ke depan telah dilakukan penahanan, perpanjangan penahanan selama 20 hari ke depan di Rutan Polda Metro Jaya," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nirwan Nawawi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (19/10/2020).

Selain itu, Nirwan mengatakan, selama 20 hari ke depan, pihaknya akan menyusun dakwaan kepada para tersangka tersebut. Dakwaan tersebut dirampungkan sebelum nantinya dilimpahkan ke pengadilan.

"Apabila dianggap sudah memenuhi syarat formil dan materiil, selanjutnya perkara tersebut akan dilimpahkan ke pengadilan," imbuh Nirwan.

Sementara itu, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak mengungkapkan 7 tersangka yang dilimpahkan hari ini ke Kejati melengkapi 29 tersangka lainnya yang sudah lebih dulu diserahkan ke JPU.

Namun, masih ada satu tersangka lainnya yang hingga kini masih diteliti perannya oleh jaksa.

"Dari rangkaian ini Polda Metro Jaya awalnya telah melaksanakan melakukan penyerahan tersangka dan barang bukti di awal secara keseluruhan ada 29 tersangka. Dan hari ini telah dilakukan tahap kedua sebanyak 7 tersangka dari total keseluruhan tersangka sebanyak 37. Masih ada satu tersangka inisial FR yang masih dalam proses penelitian jaksa," jelas Calvijn.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menetapkan John Kei dan puluhan anak buahnya sebagai tersangka dalam insiden penyerangan brutal di Perumahan Green Lake City, Tangerang, dan Duri Kosambi, Jakarta Barat. Akibat perbuatannya itu, John Kei dkk dijerat pasal pembunuhan berencana dan terancam hukuman mati.

"Pasal yang diterapkan kepada para pelaku yaitu Pasal 88 KUHP terkait permufakatan jahat, 340 KUHP (tentang) pembunuhan berencana, Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan, Pasal 170 KUHP tentang perusakan, dan Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6).

John Kei dkk ditangkap atas dugaan penyerangan di Perumahan Green Lake City, Tangerang, dan pembacokan di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Dalam kejadian di Duri Kosambi, seorang pria berinisial ER meninggal dunia.

(mea/mea)