Cai Changpan Diduga Tewas Gantung Diri 14,5 Jam Sebelum Jasadnya Ditemukan

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 13:10 WIB
Jumpa pers hasil autopsi jenazah Cai Changpan di Polda Metro Jaya.
Polisi ungkap kematian napi Cai Changpan yang diduga tewas gantung diri (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah melakukan autopsi terhadap jenazah Cai Changpan, terpidana mati yang ditemukan tewas diduga gantung diri di Jasinga, Kabupaten Bogor. WN China yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang itu diperkirakan meninggal 12 jam sebelum jasadnya ditemukan.

"Jadi perkiraan waktu kematian itu Jumat 16 Oktober jam 20.00 WIB malam," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (19/10/2020).

Jenazah Cai Changpan sendiri ditemukan pada Sabtu (17/10) sekitar pukul 10.30 WIB. Jenazah diautopsi pada Sabtu (17/30) sekitar pukul 20.00 WIB. Dengan demikian, Cai Changpan diduga tewas 14,5 jam sebelum jasadnya ditemukan oleh tim gabungan.

Nana mengatakan, korban ditemukan setelah 1x24 jam kematiannya. Sehingga pada saat ditemukan, jenazah korban masih utuh atau belum membusuk.

"Makanya ketika ditemukan, yang bersangkutan ini masih utuh, fisiknya masih bagus belum lama. Baru 1x24 jam ditemukan," tuturnya.

Nana mengatakan, dari hasil autopsi dokter forensik, pihaknya memastikan Cai Changpan tewas bunuh diri.

"Penjelasan hasil autopsi jenazah, hasil pemeriksaan bedah terhadap jenazah Cai Changpan ditemukan pada leher terdapat luka lecet tekan yang melingkari leher berjalan dari kiri bawah ke kanan atas, kedua tidak ditemukan luka-luka lain, ketiga tes penyaring napza dan alkohol dari kilasan urine negatif," ungkap Nana.

Dari hasil bedah tersebut, polisi memastikan Cai Changpan tewas akibat gantung diri. Berdasarkan identifikasi jenazah, Nana juga memastikan mayat yang ditemukan itu adalah Cai Changpan.

"Jadi penyebab matinya orang adalah akibat kekerasan tumpul pada leher yang menyumbat jalan napas sehingga menyebabkan mati lemas. Jadi bisa dipastikan yang menggantung betul adalah terpidana mati Cai Changpan alias Antoni," terangnya.

Nana menambahkan, autopsi jenazah dilakukan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Sabtu (17/10) malam.

Dalam waktu dekat, polisi akan menyerahkan jenazah Cai Chanpan ke Lapas Tingkat I Tangerang. Saat ini, jenazah Cai Changpan masih di RS Kramatjati, Jakarta Timur.

Tonton jvideo 'Cai Changpan Napi Kabur dari LP Tangerang Ditemukan Tewas Gantung Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)